Daftar Tunggu Haji – Melaksanakan ibadah haji dan umrah ke tanah suci Mekah merupakan impian terbesar bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia khususnya di Negara Indonesia, dari kedua ibadah tersebut terkadang terlintas dalam benak kita untuk memilih apakah ibadah umrah atau ibadah haji dahulu? Manakah yang terpenting untuk dilaksanakan dari kedua ibadah tersebut?

 

Daftar Tunggu Haji Puluhan Tahun Warga Pilih Umrah

 

Sebenarnya pertanyaan diatas cukup mudah dijawab, dari kedua ibadah tersebut maka ibadah hajilah yang harus diutamakan. Namun, melihat peraturan yang berlaku hingga saat ini, ibadah haji harus mendaftar dahulu dan menunggu antrian panjang dengan masa tunggu pemberangkatan haji berkisar 18-19 tahun. Hal ini yang membuat tidak sabar untuk secepatnya bisa berkunjung ke Baitullah. Sehingga pada akhirnya untuk sementara ini mereka lebih memilih ibadah umrah yang tidak memiliki batasan waktu yang tertentu.

Umrah kini kian diminati di tengah masa tunggu keberangkatan haji yang mencapai hingga puluhan tahun. Di Kota Jakarta dan sekitarnya, sejumlah biro perjalanan umrah menyatakan warga yang telah mendaftar umrah selalu meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini.

Biro umrah dan haji AlHijaz Indowisata and Travel mengungkapkan, selama 2017, biro tersebut telah memberangkatkan sekitar 1000 jamaah umrah asal Jakarta dan daerah lain di Indonesia. Dalam dua hingga tiga tahun terakhir ini jumlah jamaahnya makin meningkat dan terus bertambah.

Pada setiap bulannya, biro ini memberikan kuota 500 jamaah umrah khusus untuk daerah Jakarta dan daerah lainnya yang ada di Indonesia .

Masa tunggu haji yang terlalu lama membuat masyarakat lebih memilih untuk melaksanakan ibadah umrah. Apalagi saat ini menjamurnya biro umrah membuat harga makin bersaing. Waktu favorit untuk ibadah umrah biasanya memilih waktu pada saat bulan suci Ramadhan dan akhir tahun.

Dalam sebulan minimal ada empat sampai lima kali keberangkatan jamaah. Seluruh jamaah berkumpul di Jakarta.

Berdasarkan data kantor Kemenag 2016, masa daftar tunggu haji reguler kini mencapai 20 tahun. Setiap bulan terdapat sekitar 300 orang yang mendaftar haji di Kemenag Kota jakarta.

Kementerian Agama telah menetapkan adanya penambahan kuota haji tahun 1438 H/2017 M. Tahun ini, kuota haji mencapai hingga 221 ribu orang dari sebelumnya 168.800 orang dan tahun ini kuota keberangkatan haji terdiri atas kuota haji reguler sejumlah 204 ribu orang dan kuota haji khusus sejumlah 17 ribu orang.