Proyek pembagunan hotel baru di Makkah Masjidil Haram bernama Jabal Omar – Foster + Partners telah memenangkan kompetisi Internasional untuk pembangunan landmark kompleks hotel di sebelah Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi.

Proyek Pembangunan Hotel Baru Jabal Omar di Makkah

 

Studio berbasis yang ada di London tersebut mengalahkan deretan daftar pesaing yang namanya dirahasiakan. Penunjukkan tersebut datang setelah Foster diundang, bersama Zaha Hadid Architects dan 16 lainnya, untuk mempertimbangkan ekspansi besar-besaran dari masjid yang terkenal di dunia yang mengelilingi tempat suci Islam yaitu Kabah.

Proyek perluasan yang dipilih dan dirancang oleh Alnaim Architects yang berbasis di Riyadh. Skema yang terbaru dari Foster, akan diberi nama Proyek Pembangunan Jabal Omar. Proyek tersebut akan memadukan hotel baru dan kompleks apartemen kompleks untuk para jamaah haji dan umrah.

Mitra senior eksekutif Foster + Partners, Luke Fox mengatakan perusahaan sangat bahagia karena telah memenangkan kompetisi tersebut. “Sebagai rumah dari Kabah, Mekah memberikan sajian tantangan khusus dan kehormatan bagi setiap pengembang dan arsitek. Desain yang kami tetapkan dan kami pilih yaitu membuat bentuk bangunan inovatif yang akan menghormati skala dan pentingnya Masjidil Haram.

Bangunan ini akan dibangun pada rute utama untuk jamaah antara stasiun Haramain High dan Masjidil Haram. Kompleks ini akan menyediakan tempat bagi pejalan kaki yang menampilkan ruang alami. Hal ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kedatangan jamaah di situs bersejarah Islam.

Di dalam ruang kamar dan apartemen bangunan hotel baru di makkah, akan dirancang untuk mengoptimalkan pemandangan ke arah Kabah. Setiap suite hotel juga akan menyediakan tempat shalat yang menghadap langsung ke Kabah.

“Usaha kami adalah membuat pengalaman khusus dan sesuai dengan lokasi yang unik dan spesial. Desain  hotel baru di makkah mengikuti filosofi ‘mewah dengan kerendahan hati, dengan keanggunan bersahaja untuk seluruh pembangunan. Dia pun memberi ucapan terima kasih terhadap Jabal Omar Development Company yang telah memilih untuk bekerja sama dengan Foster + Partners. Pihaknya sangat bersemangat untuk mulai bekerja pada tahap berikutnya dan berharap kolaborasi tersebut akan sukses.

Tahun lalu, Zaha Hadid Architects telah memenangkan kompetisi untuk pusat budaya seluas 8,780 meter persegi di situs bersejarah Diriyah, Arab Saudi, pada bulan Oktober.

Facebook Comments