Penggunaan Fasilitas Pesawat Calon Jamaah Haji Perlu Diajari – Demi keamanan dan keselamatan calon jamaah haji sebel pada saat berangkat ke tanah suci nanti. Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Wagub Sulsel) meminta agar calon jamaah haji (CJH) untuk diajari cara penggunaan fasilitas pesawat terbang karena banyak CJH yang belum pernah menggunakan transportasi tersebut. kalaupun sudah ada yang pernah menggunakan dikhawatirkan mereka kini sudah lupa cara penggunaannya.

 

Penggunaan Fasilitas Pesawat Calon Jamaah Haji Perlu Diajari

 

Saya dan Kantor wilayah Agama akan bicarakan dengan pihak Angkasa Pura dan pihak maskapai agar dapat menyiapkan satu unit pesawat terbang sebagai sarana pembelajaran bagi calon haji yang belum pernah naik pesawat. Ketika membuka Pameran dan ‘Launching Umrah Ummat’ yang akan diselenggarakan oleh AMPHURI DPD Sulawesi di Makassar.

Para CJH, sangat perlu untuk diajarkan cara menggunakan berbagai fasilitas di atas pesawat. Misalnya bagaimana toilet, menggunakan sabuk pengaman dan fasilitas lainnya. ada dua pengalaman yang pernah terjadi.

Pertama, Pengalaman ketika manasik haji masih saja ada pertanyaan yang berkaitan dengan pesawat. Bagaimana nanti kalau mau ke belakang, apakah ada WC nya, bagaimana menyimpan barangnya, bagaimana wudhunya, dan lain sebagainya.

Kedua, pengalaman di tahun sebelumnya pernah ada salah seorang calon haji yang sepanjang penerbangan mabuk terus menerus sejak dari Solo sampai Jedah. Saat diperiksa ternyata sekujur tubuhnya dingin. Dia tidak tahan AC di pesawat, namun dia menempelkan handuk kecil basah di lehernya. Rupanya dia stres naik pesawat karena baru sekali itu terbang. Nah, hal seperti itu sangat sepele, namun perlu diperkenalkan.

Karena itu keberadaan pesawat terbang sangat membantu. Calon haji menjadi lebih familiar dengan pesawat, sehingga saat terbang betulan pada hari H tidak kaget lagi.”

Selain itu, Wagub Sulsel yang juga merupakan Ketua DPD Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Sulawesi Selatan ini meminta kepada Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Sulawesi Selatan agar menyiapkan eskalator di Asrama Haji Sudiang.

Eskalator tersebut juga sebagai sarana latihan bagi CJH yang belum pernah menggunakan tangga berjalan itu. Menurutnya, dengan disediakannya sarana pembelajaran tersebut, CJH nantinya tidak akan canggung lagi ketika akan menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada di dalam pesawat terbang, begitu juga dengan penggunaan eskalator ditempat-tempat yang umum dan tempat penginapan jamaah haji ketika sudah tiba di tempat tujuannya nanti.

Dengan demikian kita berharap para CJH dapat menjalankan ibadah dengan lebih nyaman.

Facebook Comments