Raja Salman Beri Haji dan Umrah Gratis untuk Polri – Raja Arab Saudi yaitu Salman bin Abdulaziz al-Saud telah dijadwalkan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Jakarta pada tanggal 1 hingga 3 Maret dan akan melakukan liburan ke Bali pada tanggal 4 hingga 9 Maret 2017. Sedangkan rombongan Raja Salman akan datang dengan menggunakan 4 pesawat Boeing B747 seri 400 dan 200, 2 pesawat Boeing B777 dan 2 pesawat C-130 Hercules.

 

Raja Salman Memberikan Haji dan Umrah Gratis untuk Polri

 

Raja Salman akan membawa rombongan sebanyak 1.500 anggota delegasi, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran. Ini merupakan jumlah terbanyak dan spektakuler anggota delegasi kepala negara/kepala pemerintah yang akan datang ke Indonesia.

Ternyata kedatangan Raja Salman sangat membawa berkah bagi para personel kepolisian. Melalui Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk negara Indonesia, Osama Mohammed Al Shuibi mempunyai rencana untuk memberikan penghargaan atau hadiah kepada personel Polri yang sudah terdaftar dalam pengamanan Raja Salman selama berada di Indonesia.

Kepala bagian penerangan Umum (kabag penum) Divisi Humas Polri Komisaris Besar yaitu Martinus Sitompul menjelaskan bahwa pertemuan antara Duta Besar Arab Saudi dengan Kepolisian RI, juga akan membicarakan soal pemberian hadiah kepada personil yang ikut mengamankan kunjungan Raja Salman.

Selama kunjungan raja Salman ke Indonesia pada tanggal 1 hingga 9 Maret 2017 nanti, akan ada beberapa penghargaan (reward) yang akan disampaikan oleh Kedubes (Kedutaan Besar) Arab Saudi kepada beberapa personel Polri dalam upaya membantu segala kegiatan Kedubes Arab Saudi.

Adapun Penghargaan yang akan di berikan untuk beberapa personel Polri yaitu dengan memberangkatkan mereka untuk melaksanakan rukun islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi di kota suci Mekah. Saat ini nama-namanya masih di inventarisir.

Penghargaan tersebut diberikan dengan alasan karena sehubungan Polri telah membantu dan mendukung atas kelancaran kegiatan Kedutaan Besar Arab Saudi selama berada di Indonesia. Karena hal tersebut sangat tidak mudah dalam melakukan pengamanan selain menguras tenaga dan pikiran, selain itu juga merupakan taruhan nyawa jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama kunjungan.

Namun, personil Polri yang akan diikut sertakan dalam keberangkatan haji atau umrah itu adalah yang ikut serta menjaga keamanan dalam kunjungan Raja Salman ke Jakarta dan Bali. Kriteria khususnya pun belum diketahui dan memang belum ada. Akan tetapi, yang pastinya anggota Polisi yang menjaga kunjungan Raja Salman ke Indonesia.