Alamat Tempat Suntik meningitis Haji dan Umroh di seluruh daerah-daerah yang ada di Indonesia serta persyaratan lengkapnya. Vaksinasi Suntik meningitis ini adalah salah satu persyaratan yang wajib di penuhi bagi calon jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji umroh.

Tempat Suntik Meningitis Haji Umroh di Seluruh Indonesia

Buku Kuning atau Buku Suntik Meningitis
Buku Suntik meningitis adalah salah satu dari beberapa syarat dokumen yang harus dipenuhi oleh calon jamaah untuk dapat pergi Haji maupun Umroh. Penyebabnya dikarenakan negara yang akan dikunjungi yaitu Arab Saudi merupakan salah satu tempat endemik bagi penyebaran virus penyebab penyakit meningitis. Sehingga dikhawatirkan akan terjadi penularan, sebab jika ada seorang jamaah yang tertular sebelumnya berada dan ikut serta dalam satu aktivitas bersama jamaah lainnya.

Buku kuning atau suntik meningitis
Sejak tahun 2002 pemerintah negara Arab Saudi melalui Kedutaan Besarnya mewajibkan negara-negara yang akan memberangkatkan jamaah haji dan umrah untuk memberikan vaksin meningitis. Hal ini menjadikannya syarat pokok Kementrian Kerajaan Arab Saudi Kedubes Saudi dalam pemberian visa haji dan umrah. Tujuan pemerintah dari suntik meningitis tak lain adalah upaya agar tiap jamaah dapat terhindar dari radang otak/meningitis, dan sertifikat saktinya buku kuning ini bisa digunakan selama 2 tahun.

suntik meningitis

Persyaratan pada saat Suntik Vaksin Meningitis

  1. Mengisi Formulir sesuai Nama Pasport dan No. Pasport
  2. Fotocopy Pasport
  3. Fotocopy KTP
  4. Pasfoto uk 4×6 2 lembar
  5. Biaya suntik vaksin Meningitis sekitar Rp 305.000 (harga tidak tiap-tiap daerah mungkin berbeda)

Daftar Online Suntik Vaksin Maningitis
Syukur Alhamdulillah saat ini untuk pendaftaran suntik vaksin maningitis sudah bisa dilakukan via online khususnya untuk jamaah yang berada di Jakarta, di Pangkal Pinang serta di Sampit, Fasilitas ini lumayan membantu supaya jamaah tidak harus datang lebih awal kira-kira 3 jam sebelum jadwal pelayanan dibuka.

Tata cara dan prosedur pendaftaran vaksinasi online bisa
klik link berikut ini 

http://www.kespel.depkes.go.id/vaksinasi_int/vaksinasi_int_public/add

tempat suntik meningitis

Meningitis adalah suatu penyakit menular yang bisa berpotensi menyebabkan kematian. Bila tidak segera mendapatkan pengobatan yang cepat, dapat berakibat pembengkakan otak sehingga menyebabkan cacat permanen, koma, bahkan kematian.

meningitis

Selain bakteri, penyebab meningitis lainnya termasuk jamur dan virus. Paparan racun lingkungan seperti logam berat, alergi obat dan kondisi medis peradangan di bagian tertentu juga bisa mengakibatkan sakit meningitis. Viral meningitis, atau juga disebut aseptik meningitis, relatif ringan dan bisa diobati dengan bimbingan dokter. infeksi bakteri dan jamur bisa memerlukan rawat inap relatif waktu yang cikup lama.

Bahkan di bawah perawatan medis yang tepat, dapat membuktikan menjadi fatal. Menggunakan vaksin penyakit meningitis merupakan salah satu cara yang paling efektif agar terhindar terjadinya infeksi.

Bila anda sudah menunaikan ibadah Haji ke tanah suci, Mekkah pastinya sudah pernah mendapatkan suntik meningitis sebelum berangkat oleh petugas haji dan umroh setempat. Tetapi sebelumnya mungkin anda bertanya karena tidak tahu untuk apa fungsi, guna dan manfaat pemberian suntik meningitis tersebut.
Mengapa sebelum berangkat umroh wajib suntik meningitis. Namun setelah dijelaskan dan diinformasikan oleh petugas kesehatan, maka anda akan paham kenapa setiap calon jemaah haji wajib menerima vaksin meningitis sebelum berangkat untuk melaksanakan ibadah.

Yang perlu diketahui ketika anda berada di Mekkah Masjidil Haram, dimana telah berkumpul jutaan orang yang datang dari seluruh dunia tempat daerah endemic penyakit meningitis, terutama orang-orang yang berasal dari negara afrika. Jadi jika jamaah tidak melakukan ataupun menerima suntik meningitis, sehingga kemungkinan untuk dapat tertular virus meningitis ini sangatlah besar. Tetapi tentu saja tiap jemaah haji umroh tidak mau tertular penyakit radang selaput otak ini.

Vaksin meningococcal yaitu merupakan vaksin yang dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya meningitis. Akan tetapi bukan berarti jamaah sepenuhnya terbebas dari penyakit meningitis setelah menerima suntik vaksin ini.

Vaksin ini juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya komplikasi meningitis ataupun timbulnya gejala berat dari meningitis bila penerima vaksin mengalami meningitis.

Seperti halnya minum obat, vaksin juga dapat menyebabkan terjadinya efek samping, mulai dari gejala ringan hingga berat (sangat jarang). Efek samping ini hanya merupakan suatu reaksi alergi yang bervariasi dari efek ringan hingga berat. Dan resiko terjadinya kematian ataupun reaksi alergi berat yang dapat membahayakan jiwa setelah pemberian vaksin meningococcal sangat jarang terjadi.

Pingsan serta kedutan dapat terjadi setelah pemberian vaksin meningitis. Efek samping ini paling sering terjadi pada kalangan anak remaja.

Pengertian Meningitis

Meningitis adalah penyakit radang yang terjadi pada selaput atau membran otak serta sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri juga mikroorganisme. Pada kasus tertentu dapat juga disebabkan oleh kesalahan didalam penggunaan obat obatan tertentu. Penyakit ini juga sering berakibat terjadinya kematian mendadak, dan jika tidak ditangani secara serius sehingga kondisi meningitis biasa disebut Darurat Medis.

gejala meningitis

Mengapa Meningitis Bisa Berbahaya?

Pada otak dan sumsum tulang belakang yaitu suatu kesatuan yang berfungsi begitu penting agar dapat menunjang kehidupan seseorang. Bilamana keduanya terserang virus atau bakteri, dampak yang akan bisa saja terjadi sangat fatal sehingga akan mengancam keselamatan jiwa. Gejala lain yang dapat ditimbulkan seperti sakit kepala hebat disertai kekakuan leher, dan selain daripada itu penderita juga akan dapat merasakan demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah dan sangat peka terhadap cahaya dan suara.

Sementara itu pada kasus anak-anak hanya menunjukan gejala non spesifik seperti gampang marah, sering mengantuk serta terdapat ruam merah jika meningitis-nya disebabkan oleh bakteri meningokokus. Hal ini perlu dilakukannya tindakan Punksi Lumbai yaitu dengan memasukkan jarum kedalam kanalis spinalis untuk dapat diambil cairan likuor serebrospinalis agar bisa diperiksa dilaboratorium.

Manfaat atau Kegunaan

Untuk mencegah terjadinya penyakit radang selaput otak, maka diperlukan pemberian vaksin meningitis untuk tiap orang yang akan berpergian ke suatu tempat yang terdapat banyak aneka ragam orang, seperti ketika kita menjalankan ibadah haji atau umroh. Hal ini sudah menjadi peraturan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Seseorang yang tidak memiliki bukti sudah pernah menerima vaksin meningitis (tidak memiliki buku vaksin atau buku kuning) maka, tidak mendapatkan VISA haji maupun umroh.

Berikut ini manfaat vaksin meningitis :

Demi mencegah terjadinya meningitis terutama yang disebabkan oleh bakteri. Sebab cara penularannya sangat mudah yakni melalui kontak langsung dengan penderita, untuk itu dengan menerima vaksin anda bisa terhindar dari resiko tertularnya meningitis.
Pemberian suntik vaksin meningitis bisa dapat menekan jumlah korban jiwa akibat keganasan penyakit infeksi selaput otak. Sudah banyak orang yang meninggal disebabkan oleh meningitis, terlebih lagi ketika vaksin belum ditemukan. tapi dengan adanya vaksin setidaknya angka kematian bisa ditekan serendah mungkin sehingga penyebarannya dapat dengan baik dibatasi.
Sangat diperlukan ketika hendak melakukan ibadah umroh dan haji. Vaksin meningitis juga sangat berguna saat seseorang hendak pergi menunaikan ibadah umroh maupun haji ke Mekkah. Pemberian vaksin meningitis adalah salah satu syarat utama untuk bisa mendapatkan VISA haji umroh.

suntik meningitis untuk anak

Efek Samping

Tidak hanya orang dewasa, anak anak pun sebenarnya harus menerima vaksin meningitis agar bisa mencegah penularan penyakit meningitis tersebut. Dan lagi jika tempat tinggalnya ada di lingkungan padat penduduk dan kumuh. Akan tetapi seperti halnya vaksin lain, vaksin meningitis terdapat juga efek samping yang sering timbul seperti :

Efek Samping Ringan

Sekitar setengah penerima vaksin meningococcal mengalami efek samping ringan berupa rasa nyeri atau kulit kemerahan di daerah bekas suntikan. Efek samping ini biasanya akan segera mereda hanya dalam waktu 1 atau 2 hari. Sebagian kecil orang yang menerima vaksin meningococcal dapat juga mengalami gejala demam.

Efek Samping Berat

Efek samping berat yang bisa terjadi setelah anda menerima atau di suntik vaksin meningococcal yaitu suatu reaksi alergi berat yang bisa saja membahayakan jiwa. Efek samping ini dapat terjadi dalam waktu hanya beberapa menit sampai dengan beberapa jam setelah pemberian vaksin. Akan tetapi reaksi alergi berat ini mungkin amat sangat jarang terjadi.

Efek Samping Dari Vaksin Penyakit Meningitis
Vaksin Meningokokus polisakarida (MPSV4), serta vaksin meningokokus conjugate (MCV4) yaitu dua jenis vaksin penyakit meningitis yang dapat pencegahan infeksi serius ini. Efek samping yang bisa saja ditimbukan oleh vaksin penyakit meningitis ini antara lain rasa sakit, kemerahan dan juga bengkak di lokasi suntikan. Untuk kemerahan serta bengkak biasanya timbul selama 1 sampai 3 hari. Sementara itu reaksi alergi yang parah sangat jarang terjadi, bantuan medis pun harus bisa segera diberikan apabila gejala-gejala antara lain seperti masalah pernapasan, gatal gatal, mengi, pusing, pembengkakan tenggorokan, denyut jantung yang cepat, dst,

Vaksin Meningokokus polisakarida (MPSV4) apa itu?

MPSV4 dapat mencegah timbulnya 4 jenis umum dari bakteri meningokokus. Vaksin penyakit meningitis tersebut mengekspos dosis kecil bakteri ataupun protein dari bakteri, yang dapat menurunkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Vaksin penyakit meningitis jenis ini tidak akan efektif melawan infeksi aktif dalam tubuh. Hal ini lebih disukai untuk orang yang sudah dewasa di atas usia 55 tahun.

Ada Beberapa efek samping dari vaksin MPSV4 yaitu sebagai berikut:
Rasa lemah yang berat atau nyeri ringan pada lengan dan kaki. Hal dapat terjadi 2 sampai 4 minggu setelah menerima vaksin.

  • Demam yang tinggi
  • Demam ringan disertai menggigil
  • Kemerahan, nyeri, pembengkakan, serta adannya benjolan di daerah sekitar tempat vaksin disuntikkan.
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Vaksin Meningokokus Conjugate (MCV4) apa itu?

Vaksin MCV4 mengikuti prinsip yang sama seperti vaksin MCV4 dalam memberikan kekebalan terhadap tubuh. Vaksin ini lebih disukai bagi mereka dalam kelompok usia 9 bulan sampai 55 tahun. Hal ini sangat dianjurkan pada anak-anak dan juga orang dewasa yang melakukan perjalanan ke atau hidup di negara-negara dengan tingginya insiden penyakit ini.

Beberapa efek samping yang mirip dengan vaksin polisakarida meningokokus yaitu termasuk:

  • Kelemahan yang parah atau sedikit nyeri pada lengan dan kaki, demam tinggi
  • Demam, menggigil
  • Daerah di mana vaksin disuntikkan bisa saja menimbulkan kemerahan, nyeri, pembengkakan dan juga benjolan.
  • Kelelahan serta kelemahan
  • Pingsan singkat pada remaja
  • Ruam kulit ringan

Efek samping yang lebih umum setelah pemakaian vaksin MCV4. Bila reaksi alergi pada vaksin antara lain kesulitan bernafas, mengi, gatal-gatal, kulit pucat, pusing, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan dan denyut jantung yang cepat atau tidak teratur diamati, segera menginformasikan dokter.
Terdapatnya pendarahan setelah seseorang menerima vaksin meningitis. Tetapi hal seperti ini sangat jarang terjadi dan juga tergolong efek samping yang serius. Selain daripada itu, terdapat memar dibawah kulit juga menunjukan terjadinya pendarahan internal. Dan jika kondisi seperti itu tidak berhenti, harus segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Jika timbul demam ringan usai suntik vaksin merupakan salah satu efek samping yang wajar dan selalu terjadi di setiap orang yang baru saja menerima vaksin atau imunisasi. Demam akan segera hilang dengan sendirinya hanya dalam beberapa hari.

Gejala lain seperti perasaan lemah yang tidak biasa kerap muncul saat seseorang usai menerima vaksin meningitis. Rata-rata rasa lemah diikuti oleh pegal di bagian tempat terjadinya injeksi. Lemah bisa saja terjadi hingga beberapa minggu, namun kasus serupa ini jarang sekali terjadi.

Efek samping lainnya yang kadang muncul yaitu rasa gatal, kemerahan dan terdapat benjolan/ bengkak di area tempat injeksi vaksin. Agar dapat mengurangi efek samping seperti ini, anda bisa menyediakan sekantong es batu untuk di kompres pada bagian yang bermasalah. Akan tetapi jika sakit dan bengkak yang timbul tidak kunjung reda, harus segera hubungi dokter untuk diagnose lebih lanjut.

Apa Penyebab Utama Meningitis

Kebanyakan sebab timbu meningitis oleh infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, fungi dan juga mikroorganisme. Hal lain bisa disebabkan oleh faktor non-infeksi antara lain kesalahan dalam menggunakan obat-obatan tertentu.

Berikut ini penjelasan dan pembagian faktor penyebab meningitis :

Disebabkan oleh bakteri streptokokus grup b yang seringkali menyerang bayi yang lahir prematur. Umumnya terdapat juga bakteri Neisseria meningitisdis, Streptococcus pneumonia dan Haemophilus influenzae type B yang lebih dapat menyerang anak-anak serta orang dewasa. Hal lainnya, trauma pada tulang tengkorak serta menimbulkan luka terbuka bisa juga memicu masukkan bakteri bakteri berbahaya kedalam selaput otak.

Virus bisa juga menjadi penyebab timbulnya meningitis antara lain virus seperti enterovirus, virus penyebab herpes simpleks tipe 2, Varicella zoster (penyebab cacar air), HIV dan paromiksovirus. Untuk kasus meningitis yang disebabkan oleh virus tidak sebahaya meningitis bacterial, seringkali diawali saat timbulnya penyakit lain, contohnya cacar air apabila tidak ditangani, virusnya dapat juga menyerang meningen/ selaput otak.

Faktor jamur hal ini bisa menjadi penyebab meningitis,dan biasanya seperti ini terjadi karena obat imunosupresan, pada penderita HIV dan kehilangan daya tahan atau kekebalan tubuh. Kebanyakan gejala yang sering terlihat yaitu sakit pada kepala yang sangat sering dan lama serta deman selama dua minggu. Meningitis cryptococal yang disebabkan oleh Cryptococus neoformans.

Parasit bisa sebagai salah satu penyebab Meningitis diketahui jarang terjadi, akan tetapi perlu diketahui penyebabnya adalah dominasi eosinofi (sejenis sel darah putih) didalam ikuor serebrospinalis dimana parasit penyebabnya yakni Gnathostoma spinigerum, Angiostrongylus cantonensis dan Schistosoma.

Hal penyebab terjadinya Meningitis secara Non infeksi seringkali disebabkan dengan adanya penyebaran kanker pada meningen. Selain daripada itu penggunaan obat obatan antara lain obat anti radang dan jenis antibiotik serta immunoglobulin. Penyakit lupus bisa juga memicu munculnya meningitis.

Siapa saja Orang Yang Harus Diberikan Vaksin Penyakit Meningitis?
Orang-orang tertentu yang telah terindentifikasi oleh para ahli, siapa yang harus diberikan vaksin penyakit meningitis ini.

Orang-orang yang bisa terkena meningitis yaitu :

  • Orang yang usianya di atas 60 tahun.
  • Anak-anak kisaran kelompok usia 5 tahun.
  • Alkoholisme dimungkinkan terjerumus ke meningitis.
  • Peternak sapi perah dan peternak, bekerja dengan hewan domestik, dalam kontak dengan Listeria, jenis bakteri dan bisa terinfeksi meningitis.
  • Orang yang sedang dalam kemoterapi untuk pengobatan kanker berada pada risiko yang lebih tinggi.
  • Orang dengan penyakit anemia sel sabit, diabetes, suntik pengguna narkoba juga terhadap meningitis.
  • AIDS, obat imunosupresan dapat juga membuat orang rentan terhadap infeksi.
  • Orang Yang Tidak Boleh Diberikan Vaksin Meningitis siapa saja?

Ada beberapa orang harus mendapatkan suntik meningitis ataupun tidak. Hal ini karena, dimungkinkannya mereka dapat mengembangkan efek samping.
Orang-orang tersebut adalah :

  • Siapa saja yang pernah memiliki reaksi alergi parah terhadap obat atau dosis vaksin meningokokus dilarang total.
  • Orang yang alergi pada komponen tertentu dari vaksin, ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
  • Orang dewasa ataupun anak-anak yang memiliki sindrom Guillain-Barré mereka perlu hati-hati dalam penggunaanl obat. Konsultasikan kesehatan dengan ahlinya.
  • Wanita hamil sepengetahuan dokter karena jika vaksin tersebut aman atau tidak bagi mereka. Hal ini karena vaksin MCV4 relatif baru dan efeknya pada wanita hamil juga belum tidak jelas.

 

Seberapa Efektifnya Vaksin Meningitis

Penyakit Meningokokus yaitu penyakit yang disebabkan infeksi bakteri Neisseria meningitidis. Diantara jenis penyakitnya adalah meningitis, yaitu peradangan di sekitar selaput otak dan saraf tulang belakang.

Penyakit ini bisa ditularkan melalui bersin, batuk, dan kontak langsung dari orang yang terinfeksi. Pada usia 16 sampai 23 tahun dimana usia yang paling berisiko karena seseorang dapat terserang penyakit meningokokus. Yang bagusnya adalah vaksin dapat diberikan untuk meminimalkan terkena penyakit ini.

Kandungan vaksin meningitis yaitu antigen, adalah substansi yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi melawan bakteri penyebab meningitis. Vaksin meningokokus pertama, MPSV4 atau disebut juga Meningococcal polysaccharide vaccine, diciptakan pada tahun 1978, kemudian MCV4 (Meningococcal conjugate vaccine) pada 2005. MPSV4 yang di sebut juga vaksin meningokokus polisakarida, Demikian juga MCV4 disebut vaksin meningokokus konjugasi. Keduanya dapat melindungi dari empat jenis penyakit meningokokus yang disebabkan oleh serogroup A, C, W, dan Y. Sebenarnya, pada saat ini diketahui setidaknya ada 13 serogrup Neisseria meningitidis.

Kapan dan siapa saja yang perlu diberikan suntik meningitis?

Vaksin MCV4 disarankan diberikan pada anak usia 11 – 12 tahun, dan diteruskan dengan penambahan (booster) pada sekitar usia 16 – 18 tahun. Anak remaja yang divaksin pertama kali pada usia 13 – 15 perlu juga mendapat tambahan (booster) pada rentang usia 16 – 18 tahun. Selagi yang divaksin pertama kali di usia 16 tahun ke atas tidak perlu booster. Booster diperlukan jika sebuah vaksin diperkirakan hanyalah melindungi remaja dalam waktu kira-kira 5 tahun.

Vaksin MCV4 juga sangat disarankan untuk beberapa orang berikut ini:

  • Umat muslim yang akan pergi haji atau umroh.
  • Pengidap gangguan limpa ataupun yang pernah menjalani pengangkatan limpa.
  • Orang dalam keadaan gangguan sistem kekebalan tubuh.
  • Orang yang baru terkena meningitis.
  • Ahli mikrobiologi yang kegiatannya memeriksa bakteri meningokokus setiap hari.
  • Orang yang akan melaksanakan perjalanan atau bermukim di negara endemik.
  • Orang yang tinggal di pemondokan/asrama.

Vaksin konjugasi meningokokus ini juga bisa diberikan pada anak berusia 2 bulan hingga 10 tahun yang berisiko tinggi, terutama mereka yang berada dalam kondisi-kondisi di atas, yakni penderita gangguan limpa dan yang telah menjalani pengangkatan limpa, gangguan sistem kekebalan tubuh, serta mereka yang melakukan perjalanan atau mukim di negara endemik.

 

Vaksin meningokokus polisakarida (MPSV4) dianjurkan bagi:

Orang dengan usia lebih dari 65 tahun dan melakukan perjalanan atau bermukim di negara endemik.
Orang dengan usia lebih dari 65 tahun dan dalam populasi dengan peningkatan risiko infeksi meningokokus serogrup A, C, W atau Y.
Pertanyaannya, Apakah orang yang sudah divaksin pasti akan terhindar dari meningitis?
Vaksin ini tidak berperan melindungi orang dari keseluruhan penyebab meningitis. Bisa saja seseorang yang sudah divaksin dapat terserang meningitis jenis tertentu yang tidak dapat ditangkal oleh vaksin. Namun demikian, risiko orang yang divaksin relatif lebih kecil terserang meningitis dibanding yang tidak. Selain itu vaksin meningokokus, vaksin Hib juga sangat efektif untuk mengobati penyebab lain dari meningitis.

Apakah vaksin meningitis ini mengandung efek samping?

Untuk setiap vaksin serupa bisa mengandung risiko alergi, meski sangat jarang terjadi. Orang yang telah di vaksin meningitis bisa mengalami reaksi alergi parah beberapa menit atau jam sesudah mendapat suntikan. Gejala alergi dapat berupa gejala-gejala sulit bernapas, mengi, pucat, lemas, gatal-gatal, pusing, dan detak jantung cepat. Jika kondisi ini terjadi, segera periksakan diri Anda ke rumah sakit.

Sebagian orang yang mendapat vaksin ini akan mengalami efek samping nyeri ringan atau kemerahan d sekitar lokasi di mana suntikan diberikan. Biasanya sebagian kecil orang lain mengalami demam. Keadaan ini umumnya akan menghilang dalam 1-2 hari. Efek samping yang lainnya seperti pingsan. Lakukan duduk atau berbaring kira-kira 15 menit setelah mendapatkan suntikan meningitis hal ini bisa membantu mengurangi risiko.

Siapa saja yang sebaiknya tidak mendapat suntik meningitis?

Beberapa orang berikut ini perlu menunggu atau kalau perlu menghindari suntik meningitis karena dapat mengakibatkan:

Mereka yang pernah menderita penyakit alergi parah sehingga bisa mengancam nyawa setelah mendapat vaksin meningitis MCV4 atau MPSV4, atau vaksin lain.
Mereka yang dalam keadaan sakit sebaiknya menunda suntikan vaksin meningitis hingga kondisinya benar-benar sehat.
Mereka yang mengidap / pernah mengidap sindrom Guillain-Barre (penyakit gangguan sistem saraf).
Untuk ibu hamil dan menyusui perlu mengonsultasikan kesehatannya terlebih dahulu kepada ahlinya (dokter) sebelum menerima vaksin meningitis.
Vaksin meningitis tidak masuk dalam daftar vaksin wajib untuk anak anak di Indonesia. Namun sebagai salah satu syarat keberangkatan umroh haji juga mengingat penting serta berbahayanya penyakit yang bisa saja diderita, oleh karena itu alangkah baiknya pemberian vaksin meningitis pada anak diprioritaskan dan diberikan tepat waktu.

Dibawah ini kami sampaikan tempat dimana calon jamaah bisa melakukan suntik meningitis. Berikut lokasi alamat tempat suntik Meningitis dan rumah sakit yang mengeluarkan buku kuning dapat di peroleh pada hari kerja, Senin sampai Jum’at di :

TEMPAT, ALAMAT SUNTIK MENINGITIS DI SELURUH INDONESIA

DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Soekarno-Hatta
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Jakarta Area Perkantoran Bandara Soekarno Hata, Cengkareng No.telp: 5502277 / 5506068
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Bandara Halim Perdana Kusuma
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Halim Perdana Kusuma. Jln Jengki No.45 Rt 8 Rw 2 Kelurahan Kebon Pala Kecamatan Makassar, Cililitan Jakarta Timur No.telp: 8000166
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Tanjung Priok
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok Jln. Nusantara No.2 Tanjung Priok Jakarta Utara 14310 No.telp. 021-43931045  Fax : 021-4373265   Email : info@kkptanjungpriok.net
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan Suntik Vaksin Meingitis Rumah Sakit Persahabatan
RS Persahabatan Rawamangun. Jln.Persahabatan Raya No.1 Rawamangun Jakarta Timur 132030 No.telp: 021-4891708
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis Tanjung Priok
RS Fatmawati. Jln. RS Fatmawati Cilandak, Jakarta Selatan. Kode Pos 12430 No.telp: 021-7501524

 

 

BANTEN
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Banten
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banten, Jln. Mayjen Sutoyo No.21, Desa Gerem, Cilegon Banten No.telp: 0254-5712491, Fax: 0254-5712491

 

JAWA BARAT
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Cirebon
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Cirebon, Jln. Kalimantan No.1, Cirebon No.telp: 0231-209248
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Bandung
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Bandung, Jln. Pajajaran No.156, Bandara Husein Satra Negara Cicendo, Bandung No.telp: 022-6043378, Fax: 022-6043378

 

JAWA TENGAH
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Semarang
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Semarang, Jln.M. Pardi No.2, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang No.telp: 024-3543424
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Cilacap
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Cilacap, Jln. Selat Madura No.7, Cilacap No.telp: 0282-534825, Fax: 0282-534825

 

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Yogyakarta
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas IV Yogyakarta, Jln. Ring Road Utara No.8, Maguwoharjo Depok, Sleman No.telp: 0274-484259, Fax: 0274-484259

 

JAWA TIMUR
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Probolinggo
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Probolinggo, Jln. Tanjung Tembaga Baru, Probolinggo No.telp: 0335-421918, Fax: 0335-421918
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Surabaya
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Surabaya, Jln. Raya Bandara Juanda Surabaya

 

ACEH
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Sabang
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Sabang, Jln. By Pass Km 6, Cot Ba’u, Kecamatan Sukajaya, Sabang No.telp: 0652-3324128, Fax: 0652-3324131
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Banda Aceh
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Banda Aceh, Jln. Dr. Mr. Moh. Hasan, Lampeunerut, Gampong, Aceh Besar No.telp: 0651-34169
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Lhokseumawe
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Lhokseumawe, Jln. Banda Aceh / Medan KM 267, Meuria Paloh, Lhokseumawe No.telp: 0645-43154, Fax: 0645-45869

 

 SUMATERA UTARA
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Sumatera Utara
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan, Jln. Veteran No.219, Belawan, Medan No.telp: 061-6941343, Fax 061-6941343

 

SUMATERA SELATAN
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin mneingitis di Sumatera Selatan 
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang, Jln. Letjend Harun Sohar, Lrg. Bambu Kuning No 22, Palembang  No.telp: 0711-420103, Fax: 0711-413989

 

SUMATERA BARAT
 Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin mneingitis di Sumatera Barat
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Padang, Jln. Cirebon No.8, Teluk Bayur, Padang  No.telp: 0751-61637, Fax: 0751-61637

 

JAMBI
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Jambi
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Jambi, Jln. Raya MTQ No.2, Kelurahan Talang Bakung, Jambi  No.telp: 0741-573432, Fax: 0741-571525

 

BENGKULU
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Bengkulu
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Bengkulu, Jln. RE. Martadinata No.18, Pulau Baaj, Bengkulu No.telp: 0736-51616, Fax: 0736 52701

 

KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik meningitis di Kepulauan Bangka Belitung
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkal Pinang, Jln. Yos Sudarso No.47, Pangkal Pinang   No.telp: 0717-422645, Fax: 0717-42265

 

RIAU
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Tembilahan
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Tembilahan, Jln. Jendral Sudirman No.69, Tembilahan No.telp: 0768-21341, Fax: 0768-21086
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik meningitis di Dumai
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Dumai, Jln. Datuk Laksamana, Dumai  No.telp: 0765-38267, Fax: 38267
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Pekanbaru
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pekanbaru, Jln Kaharudin NST No.27, Pekanbaru  No.telp:  0761-674851, Fax: 0761-674851

 

KEPULAUAN RIAU
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Tanjung Balai Karimun
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjung Balai Karimun, Jln. Yos Sudarso No.103, Tanjung Balai Karimun  No.telp: 0777-21170, Fax: 0777-21820
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik meningitis di Tanjung Pinang
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjung Pinang, Jln. SM. Amin, Tanjung Pinang  No.telp: 0771-21652, Fax: 0771-313033
   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Batam
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Batam, Jln. Lumba-lumba No.5, Batu Ampar, Batam No.telp: 0778-412532, Fax: 0778-412469

 

 

BALI
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Bali
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar, Jln. Air Port Ngurah Rai, Tuban, Badung, Denpasar No.telp: 0361-9351033, Fax 0361-9361881

 

 

NUSA TENGGARA TIMUR
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Nusa Tenggara Timur
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Kupang, Jln. Adi Sucipto, Penfui, Kupang No.telp: 0380-881021, Fax: 0380-881021

 

NUSA TENGGARA BARAT
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Nusa Tenggara Barat
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Mataram, Jln. Adi Sucipto No.13 B, Rembiga, Mataram No.telp: 0370-6162145, Fax: 0370-6162147

 

GORONTALO
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Gorontalo
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Gorontalo, Jln. Mayor Dullah No.96, Gorontalo No.telp: 0435-822816, Fax: 0435-822354

 

SULAWESI SELATAN
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Makassar
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar, Jln. Hatta No.3, Makasar  No.telp: 0411-3617482, Fax: 0411-3634564

 

SULAWESI TENGGARA
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Kendari
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kendari, Jln. WR Supratman No. 2, Kendari No.telp: 0401-3121651, Fax: 0401-3131842

 

SULAWESI TENGAH
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Palu
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Palu, Jln. Samudera Kompleks Pelabuhan Pantoloan, Palu No.telp: 0451-491096, Fax: 0451-492631
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Poso
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Poso, Jln. Yos Sudarso No. 30, Poso No.telp: 0452-21540

 

SULAWESI UTARA
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Bitung
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Bitung, Jln. DS. Sumolang No.93, Bitung No.telp: 0438-21076, Fax: 0438-21884
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Manado
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Manado, Jln. Raya Koka Link 2, Komplek Bandara Udara Sam Ratulangi, Mapanget, Manado No.telp: 0431-811104, Fax: 0431-812476

 

SULAWESI BARAT
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Polewali Mandar
Jalan Andi Depu No.2, Lontara, Polewali, Lontara, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat 91313, Indonesia   
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Kabupaten Majene
Jl. RA Kartini No.7, Pangali-Ali, Banggae, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat 91411, Indonesia No.telp: 0842221060

 

 

MALUKU
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Ambon
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Ambon, Komplek Pelabuhan Laut Yos Sudarso, Ambon No.telp: 0911-352263, Fax: 0911-314762

 

 

MALUKU UTARA
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Ternate
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Ternate, Kelabuomplek Phan Ahmad Yani, Ternate No.telp: 0921-3121464, Fax: 0921-3121464

 

PAPUA
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Biak
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Biak, Jln. Raya Yafdas Ersambo, Biak, Papua  No.telp: 0981-21278, Fax 0981-27078
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Merauke
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Merauke, Jln.  Prajurit No.1, Merauke, Papua No.telp: 0971-323828
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Jayapura
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Jayapura, Jln. Koti II – 2B Jayapura  No.telp: 0967-535553, Fax: 0967-536024

 

PAPUA BARAT
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Sorong
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Sorong, Jln. Jendral Sudirman, Lrg. Marcopolo No.1, Sorong  No.telp: 0951-321828, Fax: 0951-334412
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Manokwari
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Manokwari, Jln. Brawijaya No.22, Manokwari, Papua No.telp: 0986-211887, Fax: 0986-214503

 

KALIMANTAN BARAT
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Kalimantan Barat
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak, Jln. Pak Kasih, Gg. Merak III Block C No.1-2, Pontianak No.telp: 0561-732540, Fax: 0561-766695

 

KALIMANTAN SELATAN
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Kalimantan Selatan
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin, Jln. Belitung Darat No.118 A, Banjarmasin No.telp: (0511) 3353948 / (0511) 3353948

 

KALIMANTAN UTARA
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik meningitis di Nunukan
Jalan Bandara, Selisun, Kecamatan Nunukan, Selisun, Nunukan Sel, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara 77482, Indonesia  
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Malinau
Jln. Respen Tubu, Sembuak Warod, Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara 77554, Indonesia  
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik meningitis di Tana Tidung
Jalan Tanah Abang RT.003 No.001, Tideng Pale, Sesayap, Tideng Pale, Tana Tidung, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara 77152, Indonesia No.telp: 085532022399

 

KALIMANTAN TIMUR
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vakisn meningitis di Samarinda
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Samarinda, Jln. Lumba-lumba No.1, Samarinda  No.telp: 0541-742564, Fax: 0541-7778376
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Balikpapan
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Balikpapan, Jln. Pelita RT 11, Kel. Sepingan Raya No.telp: 0542-7570108, Fax: 0542-7570109
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Tarakan
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan, Jln. Mulawarman No.1, Kel. Karang Anyar, Kec. Tarakan Barat No.telp: 0551-21334, Fax: 0551-25120

 

KALIMANTAN TENGAH 
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Palangkarya
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Palangkaraya, Jln. Samudera No.31, Pulang Pisau  No.telp: 0513-61069, Fax: 0513-61177
Alamat Lengkap Kantor Kesehatan Pelabuhan suntik vaksin meningitis di Sampit
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Sampit, Jln. Pramuka No.67, Sampit No.telp: 0531-5723005, Fax: 0531-21700