Tips Cara Memilih Kurma Berkualitas Baik – Buah Kurma adalah buah yang berasal dari daerah Timur Tengah ini memang cukup terkenal di Indonesia. Banyak orang memburu untuk mendapatkan kurma, khususnya di bulan Ramadhan. Selain itu juga, kurma menjadi ciri oleh-oleh dari selesai ibadah haji dan umroh.

  
Tips Cara Memilih Kurma Berkualitas Baik

 

Jika membicarakan soal ibadah haji dan umrah, hal menarik lainnya yang biasa diperbincangkan adalah berbelanja oleh-oleh khas Tanah Suci. Salah satunya yaitu Buah kurma, para jamaah membeli makanan itu untuk dijadikan buah tangan, baik untuk keluarga maupun kerabat atau tetangga terdekat.

Selain rasanya yang enak, kurma juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita. Oleh karena itu, untuk memperoleh manfaat sehat dari buah kurma, maka kurma yang dikonsumsi pun haruslah yang kondisinya baik sehingga di tubuh pun menyehatkan.

 

Berikut dibawah ini adalah 7 tips cara memilih kurma yang bekualitas baik.

1. Pilihlah buah kurma yang segar dan tidak terlalu berkerut kulit arinya. Kulit ari harus mengilat dan tidak terlalu kering, warnanya merata, dan tidak pecah-pecah.

2. Jika membeli buah kurman di dalam kemasan, maka perhatikanlah kemasannya. Jangan sampai memilih kemasan yang sudah rusak atau terbuka dan jangan lupa juga untuk memeriksa tanggal kedaluwarsanya.

3. Pilihlah buah kurma yang ukuran besar tapi bukan berarti buah kurma yang ukuran kecil itu tidak baik untuk dimakan, hanya saja buah kurma yang sudah kecil biasanya sudah lama mengering.

4. Carilah buah kurma yang tidak melekat saat dipegang. Beberapa pedagang menggunakan trik ini dengan menambahkan madu atau gula cair pada kulit kurma agar kurma terasa manis atau untuk menutupi rasa buah kurma yang sudah tidak baik lagi kualitasnya.

5. Buah kurma yang masih segar berwarna cokelat kemerahan atau kekuningan walaupun kurma bisa bertahan lama, namun alangkah lebih baiknya apabila memilih yang masih segar.

6. Jika dalam pemilihan buah kurma sebaiknya dicicipi dahulu, pilihlah kurma dengan tekstur dan daging buah yang empuk dan tidak keras, dan juga tidak berbau.

7. Sebaiknya hindari membeli kurma di tempat yang terbuka tanpa adanya penutup kemasan karena sudah tidak menjamin kebersihan dan kesehatannya disebabkan sudah terkontaminasi oleh debu dan binatang yang menempel pada kulit kurma tersebut sehingga bisa mengurangi khasiatnya.