Umrah Anak – Kegiatan berumroh merupakan kegiatan ibadah yang sangat menyita energy. Namun, merasakan kepuasan bathin bahkan rasanya ingin selalu bisa kembali melaksanakan ibadah tersebut. Apalagi bisa berangkat ke tanah suci bersama keluarga.

 

Tips Umrah Anak bersama Alhijaz-Indowisata com

 

Beberapa keluarga, ada yang mengajak anak-anak untuk pergi umrah semata-mata karena ingin memberikan pengalaman dan mengajarkan pada anak tentang ibadah umrah selain itu juga menjadikan anak mengenal dan mengetahui ajaran Islam yang benar.

Salah satu bentuk rasa kekhawatiran terbesar bagi para orang tua ketika membawa anak-anak mereka ikut serta dalam melaksanakan ibadah umrah ialah ketidaknyamanan sang anak ketika melaksanakan umrah. Bersamaan dengan waktu liburan anak, biasanya orang tua mengajak anaknya turut serta untuk melaksanakan ibadah umrah. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama dalam perjalanan pelaksanaan ibadah umrah yang dapat membantu agar perjalanan umrah bersama anak berjalan dengan lancar;

1. Waktu terbaik melakukan perjalanan ibadah umroh dengan anak
Waktu terbaik untuk melakukan perjalanan selama ibadah umrah dengan anak biasanya berlangsung ketika anak-anak sudah libur sekolah di akhir semester I dan kenaikan kelas. Biasanya cuaca di bulan Desember relatif terasa sejuk. Desember di Arab Saudi adalah awal musim dingin, bahkan terkadang tiba Hujan atau Gerimis.

Sedangkan di bulan Juni dan sesudahnya cuaca di Arab Saudi adalah mulai musim panas. Anak-anak akan merasa tidak nyaman dan juga kepanasan. Jangan sampai niat orang tua untuk memperkenalkan ibadah umrah pada anak terhalang karena situasi dan kondisi yang membuat anak menjadi tidak nyaman.

Umrah adalah pilihan yang tepat bagi umat Islam, meraih pahala dan dengan mengajak anak melaksanakan ibadah umrah bersama orang tua. Orang tua juga dapat menanamkan nilai dan ajaran agama dari kisah-kisah spiritual Nabi Muhammad SAW, Nabi Ibrahim AS, sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW dan lain sebagainya kepada Anak.

2. Jika anak-anak berusia lebih dari 5 tahun dan dalam keadaan sehat maka perjalanan umrah Anda relatif mudah, tetapi jika anak-anak yang dibawa dalam perjalanan umrah di bawah usia 5 tahun perlu mendapat perhatian yang khusus karena di usia tersebut masih rentan dalam segala hal. Jangan lakukan pergi sendirian dengan membawa anak. Hal ini akan mengundang banyak masalah bagi orang tua, karena Anak-anak mungkin bisa saja tersesat karena belum mengetahui jalan.

3. Cek penerbangan apa yang akan digunakan ketika akan melaksanakan ibadah umrah. Anak-anak ketika sudah berada di dalam pesawat dengan waktu penerbangan yang cukup lama akan merasa bosan dan jenuh. Orang tua juga harus mempersiapkan segala sesuatu yang disenangi anak seperti mainan yang biasa ia mainkan dirumah atau membawa cukup bekal makanan yang ia sukai, agar anak-anak tetap merasa nyaman dimana pun berada bahkan ketika di dalam pesawat. Hal tersebut sangat penting.

4. Pilih jarak hotel yang jaraknya dekat. Jarak hotel yang dekat dengan masjid akan memudahkan bagi orang tua ataupun anak. Karena dengan begitu orang tua tetap khusyu’ dalam melaksanakan ibadah umrahnya dan umrah anak pun tidak merasa lelah jika jaraknya dekat.

5. Salah satu ritual yang sangat penting dari ibadah Umroh adalah melakukan Thawaf dan Sa’i. Jika Anda melakukan ibadah umrah dan membawa anak saat akan elakukan Thawaf tidak akan menjadi sebuah permasalahan. Akan tetapi jangan memaksakan diri untuk dapat mencium hajar aswad secara langsung karena untuk menghindari hal yang buruk. Untuk anak-anak dapat menyewa kursi roda ketika akan melaksanakan Thawaf dan Sa’i.

6. Pastikan anak-anak Anda telah memakai ID card atau tanda pengenal, yang isinya dilengkapi dengan nama orang tua, nama hotel, nomor kontak, nomor paspor. Anak-anak yang lengah dari pengawasan orang tua biasanya yang sering terjadi itu ditemukan oleh keamanan Masjid.

7. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan selama umrah anak. Seperti, setelah shalat Subuh, anak-anak bisa Anda ajak untuk memberi makan burung-burung yang ada disana. Hal ini akan menjadi sebuah pengalaman berharga yang berkesan bagi anak. Orang tua juga harus mengetahui kondisi anak selama disana, agar anak tidak merasa kelelahan ataupun merasa bosan.

Membawa ikut serta anak-anak dalam melaksanakan ibadah umrah dapat menjadikan anak-anak lebih dekat dengan Islam dan juga bermanfaat bagi anak di masa depan serta menciptakan anak tumbuh menjadi anak yang shalih dan shalihah.

Facebook Comments