/>

Pengertian Umroh Maret, Syarat dan Rukun Lengkap dengan Larangannya

Mengunjungi tanah suci ✅ baik haji atau menunaikan ibadah ⭐ umroh Maret adalah keinginan 🏆 08111341212 💛 hampir tiap umat Islam. Beribadah lebih khusyuk dengan melihat Baitullah sekaligus melakukan perjalanan rohani guna memupuk hakikat iman yang sebenarnya.

Akan tetapi sebelum melaksanakannya ada baiknya mengetahui seluk beluk umroh lebih mendalam lagi. Apa itu umroh, syarat serta segala ketentuannya lengkap akan dibahas dalam artikel berikut.

Apa Itu Umroh Maret Secara Bahasa dan Syar’i atau Fiqih

Berbagai pilihan paket umroh Maret banyak ditawarkan agen tour dan travel umroh haji terlebih lagi menjelang Syawal. Pengertian dari umroh adalah sebagai salah satu ibadah umat Islam yang mirip dengan haji.

Pengertian terbagi dalam dua jenis yaitu secara bahasa dan syar’i atau fiqih.

1. Pengertian Secara Bahasa

Umroh dalam bahasa yang sederhana adalah melakukan ziarah atau berkunjung. Melakukan kunjungan yang biasa, sering dan selalu dikunjungi. Perjalanan ibadah yaitu melakukan beberapa ritual yang telah ada aturannya secara jelas di Kota Mekah, Masjidil Haram.

Haji dilakukan pada waktu tertentu yaitu Bulan Dzulhijjah dan setahun sekali. Berbeda dalam umroh, baik umroh Maret atau bulan lain bisa kapan saja tanpa adanya ikatan waktu tertentu.

Tanpa ikatan waktu inilah maka umroh dapat lebih mudah dilakukan baik oleh individu atau rombongan sekaligus.

2. Pengertian Secara Syar’i atau Fiqih

Pengertian kedua apa itu umroh Maret adalah secara Syar’i yang artinya datang atau mengunjungi kota Mekah. Dalam kunjungannya melakukan ibadah baik thawaf, sa’i dan diakhiri tahallul, sesuai aturan dan tata cara khusus.

Secara sederhana umroh yaitu datang ke Baitullah untuk melaksanakan ibadah umroh. Selanjutnya melaksanakan sesuai rukun, aturan dan syarat yang telah ditentukan syariat agama Islam.

Untuk melaksanakan umroh Maret 2024 Bandung, Jakarta atau kota lain biasanya tergantung dari agen yang dinaungi. Dengan begitu dapat menyesuaikan jadwal pribadi baik kerja atau sekolah.

Dengan waktu yang fleksibel inilah baik tahun 2024 atau 2025 banyak yang melaksanakan ibadah umroh sesuai keinginan dan kelonggaran waktu masing-masing.

4

Dasar Hukum Pelaksanaan Umroh Bagi Umat Islam

Umroh adalah salah satu seruan Allah SWT bagi umat Muslim dimanapun keberadaannya. Sebagaimana haji jika memang telah mampu dan memenuhi syarat lain sesuai aturan yang ada.

Pelaksanaan umroh memiliki dasar dalam Al Qur’an dan Hadits.

1. Dalam Al Qur’an

Pelaksanaan umroh seperti tersebut dalam surat Al Baqarah ayat 196. Dalam ayat 196 tersebut berisikan bahwa haji dan umroh dilakukan semata-mata hanya karena Allah SWT.

2. Hadits Bukhari Muslim

Pelaksanaan ibadah umroh seperti disebutkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa intinya melakukan umroh adalah sebagai penggugur dosa. Sedangkan melaksanakan haji adalah mabrur balasannya hanyalah surga.

Dasar yang  jelas dan sesuai dengan ajaran agama membuat umroh Maret menjadi salah satu impian hampir setiap umat Islam. Pelaksanaan dapat melalui agen Surabaya, Jakarta atau kota lain tergantung domisili.

Selain itu dapat menyesuaikan paket untuk 4 orang atau lebih bahkan hanya 1 orang saja. Tentunya jika telah mampu dan memenuhi syaratnya.

Syarat Umroh Bagi Umat Islam

Dalam pelaksanaan ibadah bulan Maret atau umroh April 2024 tetap harus memenuhi syaratnya terlebih dahulu. Syarat menjadi hal utama yang sudah terpenuhi agar ibadah umroh sah dan berjalan dengan baik.

Adapun syarat umroh adalah sebagai berikut:

1. Islam

Syarat pertama dan paling utama untuk menjalankan ibadah umroh adalah agamanya Islam. Wajib dan mutlak hukumnya bahwa beragama Islam menjadi syarat yang harus terpenuhi dengan baik.

Jika bukan Islam, maka tidak diperkenankan karena jelas tidak memenuhi persyaratan utama.

2. Baligh

Dalam Islam ada kata yang familiar terdengar saat anak menuju kedewasaan yaitu baligh. Hukum Islam memberi kejelasan tentang adanya baligh karena berbeda antara laki-laki dan perempuan.

Jika laki-laki baligh artinya secara fisik telah dewasa ditandai dengan pernah mengalami  mimpi basah. Pada umumnya untuk anak laki-laki yang usianya telah 15 tahun ke atas bahkan ada pula yang lebih muda dari itu.

Adapun bagi perempuan selain secara fisik dewasa telah mengalami haid atau menstruasi. Biasanya perempuan mengalami haid sekitar usia 9 tahun atau lebih dari itu.

3. Memiliki Akal Sehat atau Berakal Sehat

Syarat berikutnya untuk melaksanakan ibadah umroh Maret adalah memiliki akal sehat. Orang yang bersangkutan benar-benar sehat dan tidak ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa). ODGJ meskipun mampu atau kaya tetap tidak diperbolehkan melaksanakan ibadah umroh.

Jadi orang gila atau tidak berakal dan ODGJ tidak boleh umroh Maret karena yang menjadi syarat adalah orang berakal sehat.

4. Mampu

Guna melaksanakan ibadah umroh membutuhkan biaya tertentu. Maka bagi yang belum memiliki biaya umroh 2023 tidak perlu memaksakan diri untuk ibadah umroh. Selain itu mampu tidak bukan hanya soal finansial saja tapi juga mampu secara jasmani dan rohani.

Kesimpulannya yang dapat melaksanakan umroh Maret adalah yang mampu secara finansial, fisik dan rohani.

5. Merdeka

Syarat terakhir adalah yang bersangkutan bukan seorang budak alias merdeka.

Bagi yang memenuhi syarat tersebut, dapat mulai melakukan pendaftaran ibadah umroh ke agen terpercaya dan berpengalaman. Pada bulan Februari 2024 banyak sekali yang telah melaksanakan umroh karena pandemi sudah bisa ditekan hingga level minimal.

Sebagian jamaah umroh Februari 2024 banyak juga yang sekaligus melakukan perjalanan wisata plus Turki. Memang biasanya agen tour haji umroh memberikan fasilitas lebih dengan beberapa perjalanan sekaligus untuk para jamaahnya dalam paket tertentu.

Rukun Umroh Bagi Umat Islam

Ada aturan tertentu tentang rukun umroh dalam agama Islam. Seperti halnya dalam rukun ibadah lainnya, aturannya berbeda-beda.

Pengertian rukun adalah berbagai hal atau aturan yang harus dilakukan selama menjalani proses ibadah. Jadi pengertian dari rukun umroh adalah segala hal, aktivitas atau kegiatan yang harus dipenuhi saat melaksanakan umroh.

Lebih jelasnya, rukun umroh adalah seperti berikut ini.

1. Niat atau Ihram

Poin paling utama dalam ibadah umroh Maret adalah memiliki niat untuk melakukan umroh. Istilah yang familiar dalam umroh, niat ini biasa disebut ihram. Saat melaksanakan umrah, orang mengenakan baju ihram.

Ihram artinya tanpa jahitan atau tidak ada jahitan apapun dalam baju ihram. Niat termasuk melafazkan niat mulai dari titik miqat yaitu titik awal keberangkatan ibadah umroh.

2. Tawaf

Rukun umroh yang kedua adalah melaksanakan tawaf. Secara singkat tawaf adalah mengelilingi Ka’bah dengan jumlah tertentu yaitu 7 kali. Titik awalnya adalah Hajar Aswad dan alangkah baiknya untuk mengusap Hajar Aswad.

Namun, jika hal tersebut tidak memungkinkan bisa melambaikan tangan dengan arah Hajar Aswad. Selama melakukan tawaf lebih baik memperbanyak dzikir atau mengungkapkan segala keinginan, doa, harapan yang diinginkan dengan khusyuk.

3. Sa’i

Pengertian sa’i dalam ibadah umroh adalah berlari-lari kecil. Rukun ketiga ini dari kisah Siti Hajar ketika putranya Ismail masih kecil dan kehausan. Untuk mencari air beliau berlari-lari kecil dari Bukit Shafa lalu ke Bukit Marwah dan menemukan sumber mata air zam-zam.

Selanjutnya air zam-zam ini menjadi air minum yang memiliki khasiat luar biasa. Dalam pelaksanaan sa’i atau berlari-lari kecil ke kedua bukit tersebut jumlahnya sebanyak 7 kali.

4. Tahallul

Rukun umroh berikutnya adalah tahallul. Tahallul memiliki makna sebagai pelepasan diri dari larangan ihram. Tahallul dengan melakukan pencukuran rambut atau menggunting rambut minimal 3 helai rambut.

Tahallul dilakukan di luar dari Masjidil Haram dan dekat dengan Bukit Marwah. Jika tahallul ini telah selesai dengan baik maka jamaah yang melakukan umroh telah terbebas dari larangan melaksanakan umroh Maret.

5. Tertib

Semua persyaratan dalam rukun umroh pelaksanaan harus tertib dan urut. Semuanya harus dilakukan dengan urut satu per satu dan seperti aturan yang telah ditentukan.

Dalam pelaksanaan umroh Ramadhan 2024 dan umroh Maret, sebelum atau sesudahnya semuanya tetap harus tertib. Tentunya agar ibadah umroh berjalan lancar sesuai dengan rukun yang ada.

Larangan-Larangan Ihram

Dalam rukun umroh pada poin pertama adalah niat atau ihram. Saat telah melakukan niat ihram di miqat jamaah sudah masuk proses ibadah umroh. Dalam keadaan telah berihram ini ada larangan tertentu.

Larangan-larangan ihram biasa pula disebut dengan mahzhuratul ihram. Larangan harus dipatuhi jemaah agar umrah sah, yaitu:

1. Larangan Tidak Boleh Memotong Kuku

Larangan pertama adalah tidak boleh memotong kuku selama menjalankan rukun umroh.

2. Larangan Menyakiti Hewan

Selama masih ihram, maka tidak boleh menyakiti hewan. Menyakiti termasuk dengan memburu dan membunuh hewan. Terkecuali jika hewan tersebut membahayakan dan mengancam manusia.

3. Larangan Dandan Berlebihan untuk Perempuan

Khusus untuk jamaah perempuan dilarang berdandan atau berhias secara berlebihan. Tidak perlu menggunakan make up mencolok dan terlalu norak atau memakai bulu mata dan sebagainya.

4. Larangan Mengganggu Tumbuhan

Mengganggu tumbuhan secara umum adalah larangan untuk mencabut, memotong dan membunuh tanaman di taman dan tempat lain.

5. Larangan Mengenakan Baju Berjahit dan Bertopi untuk Laki-Laki

Khusus bagi laki-laki tidak diperbolehkan mengenakan baju berjahit dan dilarang mengenakan topi.

6. Larangan Menggunakan Pewangi atau Wangi-Wangian

Larangan berikutnya adalah tidak diperbolehkan menggunakan parfum, wewangian, wangi-wangian dan apapun yang membuat wangi pada tubuh.

7. Larangan Melakukan Hubungan Suami Istri

Larangan ini juga harus dipatuhi yaitu tidak boleh melakukan hubungan suami istri.

8. Larangan dalam Hal Pernikahan

Larangan ini termasuk menikah, sekaligus menikahkan hingga melamar. Semuanya menjadi larangan saat umroh.

9. Larangan Mencukur Rambut

Saat melaksanakan umroh Maret ada larangan mencukur dan mencabut bulu dan rambut dari tubuh.

10. Larangan Berkata Kasar

Selanjutnya adalah larangan keras untuk  mengumpat, berkata-kata kasar hingga bertengkar.

Semua larangan dalam ibadah umroh Maret dan atau umroh bulan yang lainnya harus dipatuhi dengan baik. Pelaksanaan umroh semakin optimal dan lancar jika bersama agen dengan banyak pilihan paket terpercaya dan berpengalaman.

Pemberangkatan menyesuaikan kondisi bisa dari Solo bahkan Bandung untuk mempermudah jamaah. Paket umroh bisa yang khusus atau umroh plus Turki Maret 2024 dengan pelayanan berkualitas.

Ibadah Umroh Maret Bersama Agen Tour dan Travel Umroh Haji Terbaik

Jika sudah terpanggil untuk melaksanakan umroh Maret, jangan sampai salah memilih agen perjalanan. Pilihan harus yang memiliki legalitas terpercaya dan berpengalaman. Rekomendasi terbaik dapat langsung ke https://alhijaz-indowisata.com/.

Alhijaz Indowisata adalah sebuah perusahaan swasta nasional dan sudah berpengalaman dalam bidang tour dan travel umroh serta Haji ONH Plus. Pilihan penerbangan yang berkualitas dan level internasional seperti Garuda Airlines, Lion Air atau Saudi Airlines.

Selain itu banyak sekali paket pilihan yang dapat menyesuaikan jamaah masing-masing salah satunya paket umroh Maret. Paket umroh berlaku untuk keluarga, majelis taklim, untuk 1 orang, privat, sekolah dan lain sebagainya.

Untuk biaya umroh 2024 Semarang atau Jakarta tergantung dari pilihan paket yang ditawarkan. Biaya April 2024 dan Ramadhan 2024 memiliki perbedaan tergantung pilihan paketnya.

Tidak perlu khawatir untuk rincian biaya karena jelas sekali hitungannya dan bisa menanyakan lewat telepon atau datang langsung ke kantornya. Bahkan pendaftaran dapat dilakukan secara online.

Syarat dalam mendaftarkan umroh yang datang langsung ke kantor cukup mudah yaitu membawa fotocopy KTP, akta lahir dan buku nikah. Selain itu dengan melakukan pembayaran DP serta foto wajah 4 x 6 sebanyak 2 lembar.

Adapun syarat umroh vaksin menjadi hal khusus terutama membawa sertifikat vaksin Covid 19 dosis lengkap. Membawa paspor jika sudah memilikinya dan jika belum dapat menyusul.

Berbagai kemudahan ini karena agen sangat profesional dan memiliki legalitas jelas. Kelebihan dari Alhijaz Indowisata antara lain:

1. Merupakan Travel Resmi Kemenag

Travel sudah terdaftar resmi di Kementerian Agama Republik Indonesia. Jamaah yang ingin melaksanakan ibadah umroh tidak perlu khawatir karena sangat terpercaya dan memiliki tim profesional dalam pekerjaannya.

2. Tim dan Pembimbing Berpengalaman

Pembimbingnya sangat berpengalaman dan profesional sehingga jamaah dapat menjalani ibadah sesuai aturan yang benar. Dalam 1 bulannya agen memberangkatkan 10 sampai 20 jamaah umrah. Jadi pengalaman pembimbing tidak perlu diragukan lagi.

3. Akreditasi A

Berdasarkan kualitas pelayanan dan kepercayaan tinggi, Alhijaz Indowisata memperoleh akreditasi A dari Kemenag. Tentunya karena jamaah puas dan layanannya terbaik dalam segala hal.

4. Memiliki Gedung Sendiri

Guna memberikan pelayanan maksimal agen sudah memiliki gedung sendiri sebanyak 4 lantai. Dalam kapasitas yang luar biasa ini terdapat satu gedung untuk melaksanakan latihan manasik hati dengan kapasitas kurang lebih 500 orang.

5. Pelayanan 24 Jam

Pelayanan terbaik berikutnya selama 24 jam. Segala pertanyaan, informasi atau untuk melakukan pendaftaran dapat dilakukan kapan saja karena pelayanan full seharian.

Kelebihan lainnya adanya kepastian berangkat, adanya provider visa, direct flight, hotel dekat masjid dan pembayaran dalam rupiah.

Biaya yang ditawarkan sangat murah dan terjangkau mulai dari 28,3 juta untuk umroh Maret. Sekali lagi tergantung dari pilihan paket umroh masing-masing jamaah.

Penutup

Dalam melaksanakan ibadah umroh terdapat syarat dan rukun umroh yang harus dipatuhi. Ada pula larangan yang harus dihindari agar ibadah berjalan lancar dan sesuai syariat. Selain itu dalam pelaksanaan umroh harus memilih agen yang terpercaya dan berpengalaman.

Pilihan paket umroh Maret dengan harga terjangkau akan memberi kenyamanan bagi jamaah. Tentunya dengan agen andalan dan memiliki legalitas sehingga fasilitas jelas. Jika semua nyaman insyaallah melakukan umroh mendapatkan keberkahan luar biasa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button