/>

Tips Sebelum Berangkat dan Memilih Travel Umroh Syawal Terbaik

Melaksanakan ibadah umroh ✅ dapat menyesuaikan waktu karena bisa kapan saja. 🏆 08111341212 ⭐ Namun, umroh Syawal khusus pada bulan Syawal dengan berbagai kesiapan tertentu. Pada bulan Syawal biasanya dipilih umat Muslim karena dapat memaksimalkan ibadah setelah Ramadhan. Beribadah umroh bulan Syawal sebetulnya sama saja seperti pada bulan lainnya. Namun, karena pelaksanaan setelah Ramadhan, akan memberikan hakikat lain yang luar biasa.

Hukum Umroh Syawal

Ibadah umroh hukumnya sunnah dan bisa dilakukan kapan saja dengan berbagai keutamaan umroh Syawal. Berbeda dengan ibadah haji yang dilakukan pada waktu tertentu, umroh bisa dilakukan dengan menyesuaikan kesibukan masing-masing.

Tidak adanya keterikatan waktu membuat umat Islam yang mampu dan memiliki niat untuk mengunjungi Baitullah semakin banyak. Bahkan, melihat ibadah haji dengan sistem tunggu lama, umroh menjadi pilihan untuk mengunjungi Mekkah.

Hukum haji adalah wajib jika sudah mampu dan memenuhi syarat utamanya. Sedangkan ibadah umroh sama sekali tidak dapat menggugurkan dalam berhaji.

Umroh merupakan kegiatan berkunjung atau berziarah ke Mekkah, Masjidil Haram. Terdapat aturan dan rukun tertentu yang harus dijalankan dalam ritual ibadah tersebut. Semua jamaah harus melakukannya secara urut dan tertib sesuai syariat Islam.

Dalam menjalankan umroh Syawal terdapat dasar hukum lengkap dalam Al Qur’an dan hadits, yaitu:

Harga dan Jadwal Umroh Syawal 2024



1. Al Baqarah Ayat 196 di Al Qur’an Nur Karim

Dalam ayat Al Baqarah ayat 196 menyebutkan bahwa intinya melaksanakan ibadah umroh ke Masjidil Haram hanya karena Allah SWT semata.

Jadi melaksanakan ibadah bukan untuk bersenang-senang tapi benar-benar berniat melakukan ibadah niat ingsun karena Allah Ta’ala.

2. Hadits Riwayat HR. Bukhari Muslim

Hadits menyebutkan intinya ibadah umroh dari umroh satu ke umroh lain adalah sebagai penggugur dosa. Adapun melaksanakan ibadah haji jika mabrur balasan utamanya berupa surga.

Dasar yang jelas terdapat dalam Al Qur’an membuat umat Muslim yang mampu berkeinginan ke Mekah. Maka begitu banyak agen travel umroh dan haji dengan penawaran khusus. Bahkan tawaran paket dengan biaya umroh untuk 5 orang terjangkau kantong.

Pilihan keberangkatan umroh setelah Idul Fitri juga banyak dari agen dengan tarif terjangkau. Harga menyesuaikan fasilitas yang tersedia. Tentunya demi kemudahan jamaah yang rindu mengunjungi Baitullah.

Keistimewaan Umroh Syawal

Ibadah umroh pada bulan Syawal memang memiliki banyak keistimewaan. Sebelum Syawal, yaitu Ramadhan penuh dengan keberkahan karena umat Islam melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Tentunya banyak keutamaan jika melaksanakan umroh bulan Ramadhan atau Syawal. Syawal sendiri merupakan bulan yang indah karena memiliki banyak hal khusus dan berbeda. Keistimewaan bulan Syawal seperti berikut ini.

1. Merupakan Bulan Takbir

Menyambut kedatangan awal bulan Syawal penyambutan luar biasa dengan takbir seantero jagad. Pada bulan tersebut umat Islam mengumandangkan takbir dengan penuh kegembiraan setelah sebulan penuh melaksanakan puasa.

Takbir, tahmid dan tahlil sebagai bentuk syukur terhadap Allah SWT yang memberikan ketenangan dan kelancaran sepanjang bulan Ramadhan. Bulan takbir yang sangat ditunggu umat Islam seluruh dunia.

2. Merupakan Bulan Kembali ke Fitrah

Keistimewaan berikutnya adalah merupakan bulan kembali ke fitrah. Pada bulan syawal umat Islam kembali pada fitrah yang sebenarnya dan dosa-dosa akan terampuni.

Setelah puasa dan membayar zakat, membawa kemenangan bagi yang melaksanakannya dengan khusyuk dan niat baik. Saat puasa memang waktu yang berat karena harus mampu melawan hawa nafsu.

Terutama nafsu pada diri sendiri agar tidak egois, lebih sabar dalam segala hal. Melihat umroh Syawal 2022 sedikit berbeda dengan setahun sebelumnya yang masih dilingkupi pandemi.

Hanya saja tentu akan berbeda lagi pada bulan-bulan sesudahnya karena sudah lebih longgar karena pandemi sudah mulai melandai. Dengan begitu lebih aman melakukan perjalanan jauh.

3. Bulan Penuh Silaturahmi

Syawal adalah bulan yang baik untuk melakukan silaturahmi ke orang tua, keluarga dan teman lainnya. Pada umumnya saat Syawal banyak yang mudik atau pulang ke kampung halaman.

Keberkahan yang luar biasa dapat berkumpul bersama saudara dekat dan keluarga. Momen bulan Syawal spesial dan menjadi bulan penuh berkah karena menjalin silaturahmi yang baik mengeratkan ukhuwah Islamiyah.

4. Bulan Peningkatan Kualitas

Setelah menjalankan puasa sebulan penuh, Syawal menjadi bulan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas dalam segala hal. Terutama dalam bidang ibadah. Maka ada sebagian telah daftar travel umroh yang berangkat bulan Syawal di SBY Jawa Timur.

Keberangkatan dapat dari mana saja tergantung agen travel masing-masing. Hal itu menunjukkan betapa bulan Syawal memberikan keberkahan untuk meningkatkan kualitas ibadah umat Islam. Ibadah dalam cakupan sangat luas dan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Bulan Penuh Keceriaan

Menjalankan puasa selama sebulan bukan perkara mudah karena harus mampu menekan ego, nafsu dan hal lain terkait duniawi. Saat bulan Syawal semuanya tertumpah menjadi keceriaan tapi tetap tidak boleh berlebihan.

Melakukan tegur sapa dan menangis meminta maaf kepada orang tua adalah momen yang tak bakal terlupakan dalam umroh Syawal. Pintu saling memaafkan terbuka sangat lebar untuk keceriaan penuh berkah.

6. Sebagai Bulan Peningkatan Taqwa

Syawal  menjadi bulan penuh pembuktian apakah puasa sebulan memberikan pembelajaran  peningkatan derajat takwa. Jika menjalankan dengan sungguh-sungguh, derajat takwa akan dinaikkan dan menjadi Muslim yang lebih baik dari sebelumnya.

7. Puasa 6 Hari = Puasa Satu Tahun

Sebagai bulan yang baik untuk umroh, Syawal memiliki keistimewaan lain seperti telah disabdakan Rasulullah Muhammad SAW.

Dalam sebuah hadits HR. Muslim menyebutkan yang intinya adalah siapa saja yang puasa selama 6 hari pada bulan Syawal artinya berpuasa setahun penuh.

Sungguh keberkahan yang tidak ada pada bulan lainnya. Maka tidak mengherankan jika dibulan Syawal banyak yang mencari paket agen umroh Syawal tahun 2023 Surabaya dan dari kota lainnya.

Jamaah menginginkan keberkahan tersebut untuk meningkatkan level taqwa yang sesungguhnya.

Syarat Umroh Syawal yang Harus Dipenuhi

Jika ingin melaksanakan ibadah umroh, perlu mengetahui syarat umroh Syawal dengan baik. Pengetahuan akan syarat ini supaya tidak keliru dalam pelaksanaannya. Akan percuma jika umroh tapi syaratnya saja tidak terpenuhi.

Adapun pelaksanaan umroh syawal 2023 Surabaya, Jakarta atau daerah lain tergantung dari masing-masing agen umroh. Bahkan ada pula traveler yang melakukannya dengan cara backpacker 2023 karena memberikan kepuasan tersendiri.

Umroh Syawal dan bulan lainnya dapat dilaksanakan jika memenuhi syarat-syarat berikut, yaitu:

1. Beragama Islam

Untuk melaksanakan umroh syarat pertama adalah beragama Islam. Jika bukan Islam tidak diperbolehkan melaksanakannya karena akan percuma.

Beragama Islam artinya telah mengucapkan kalimat syahadat dan mengikuti ajaran Rasulullah SAW serta berpegang teguh pada Al Qur’an Hadits.

2. Berakal

Syarat yang dipenuhi dalam melaksanakan umroh Syawal dan bulan lainnya adalah berakal sehat.

Jika gila atau tidak waras tidak diperkenankan melaksanakan umroh. Meskipun memiliki uang dan mampu orang gila tidak diperbolehkan umroh.

3. Baligh

Syarat berikutnya adalah harus telah baligh. Tanda baligh atau dewasa pada laki-laki dan perempuan berbeda-beda. Untuk laki-laki yang sudah baligh ditandai dengan mimpi basah.

Usianya beragam kurang lebih pada umur 15 tahun. Sedangkan perempuan masa baligh ditandai dengan hadirnya menstruasi atau haid.

4. Mampu

Dalam melaksanakan umroh, membutuhkan biaya tertentu. Biaya umroh 2023 Cirebon dan Jakarta mungkin akan berbeda.

Begitu pula daerah lainnya dan tergantung agen umroh yang mengurusnya. Jamaah yang mampu secara finansial, menjadi syarat dalam melaksanakan umroh.

Selain finansial, harus mampu juga secara jasmani dan rohani. Jasmani berarti disarankan memiliki tubuh sehat dan fisik masih kuat. Jadi selama umroh dapat melaksanakan rukun dengan baik hingga selesai.

Sehat rohani berarti memiliki niat kuat untuk  melakukan umroh. Walau secara finansial dan jasmani mampu, jika tidak terpanggil dan tidak ingin umroh sama saja tidak sampai ke Baitullah. Membutuhkan niat kuat dalam pelaksanaan umroh agar menjadi umroh mabrur.

5. Merdeka

Jamaah yang ingin melakukan umroh harus merdeka dan bukan seorang budak.

Syarat umroh wajib terpenuhi semuanya. Jika hanya punya niat tapi finansial belum mencukupi, sebaiknya mencukupi finansialnya terlebih dahulu. Umroh akan semakin berkah dan nyaman tanpa beban bila benar-benar telah siap semuanya dan syarat lengkap.

Tips Persiapan Umroh Syawal Berjalan Lancar

Setelah mengetahui dasar umroh Syawal dan keistimewaan bulan tersebut lengkap dengan syaratnya, ada tips khusus agar umroh lancar.

Sebelum melaksanakan ibadah umroh, sebaiknya memperhatikan hal penting supaya semuanya berjalan baik. Untuk itu, silakan simak tips persiapan umroh Syawal berikut ini.

1. Niat

Tips utama dari ibadah haji atau umroh adalah niat yang kuat. Niat adalah langkah awal supaya benar-benar mempersiapkan diri dalam ibadah ini. Jika tidak maka akan percuma saja melakukannya karena niat hati sangat penting.

Apabila sudah ada niat, Allah akan memudahkan jalannya baik secara finansial, jasmani atau rohani. Dana yang belum lengkap insyaallah akan segera dicukupkan dari banyak pintu rezeki tak terduga.

2. Membekali Diri dengan Pengetahuan tentang Umroh

Menjalankan umroh Syawal ada rukun yang harus dijalankan secara urut dan tertib. Untuk itu sangat penting membekali diri dengan banyak hal tentang umroh. Umroh selama 15 hari atau kurang dari itu tergantung dari agen travel masing-masing.

Ada yang wajib dan ada larangan yang harus dijauhi. Memiliki pengetahuan tentang umroh akan memaksimalkan ibadah saat ke Baitullah. Selain itu akan memberikan pengetahuan baru sehingga tidak sampai melanggar larangan dan aturan yang ada.

3. Mempersiapkan Jasmani

Fisik kuat, sehat menjadi syarat yang wajib dipenuhi. Maka perlu mempersiapkannya dengan baik minimal satu bulan sebelum keberangkatan. Dalam jangka waktu tersebut dapat melakukan aktivitas yang menyehatkan jasmani.

Misalnya saja melakukan olahraga secara teratur, makan makanan gizi seimbang, minum vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh. Fisik prima sangat menunjang kegiatan ibadah selama di tanah suci.

4. Mempersiapkan Rohani

Mempersiapkan rohani dalam umroh bulan Syawal 2023 akan membuat ibadah semakin khusyuk. Niat tulus dan mengesampingkan kehidupan duniawi untuk hanya beribadah kepada Allah SWT.

Niat tulus penting karena selama melakukan umroh akan jauh dari keluarga dan tidak dapat melakukan pekerjaan sehari-hari.

5. Mempersiapkan Dokumen Penting dan Kelengkapan Data

Dokumen pribadi menjadi utama karena membutuhkan paspor dan visa untuk umroh. Dokumen lain yang tidak kalah pentingnya adalah surat vaksin serta buku nikah, tiket pesawat dan masih banyak lagi yang lain.

Untuk kemudahannya, urusan dokumen, biaya haji dan umroh akan dibantu pihak agen travel yang bersangkutan.

6. Mempersiapkan Barang Bawaan

Barang bawaan dalam pelaksanaan umroh tidak sedikit dan perlu persiapan khusus. Barang bawaaan termasuk barang pribadi seperti pakaian, alat mandai dan lain sebagainya.

Jangan lupa membawa obat pribadi untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan selama umroh. Mempersiapkan jauh-jauh hari lebih nyaman dan aman untuk meminimalisir barang yang tertinggal.

7. Menyiapkan Doa Khusus

Biasanya jika ingin umroh ada titipan doa dari keluarga, teman dan sahabat agar didoakan secara khusus. Untuk itu persiapkan doa-doa penting tersebut karena menjadi salah satu amanah yang harus tersebut dalam doa.

Bukan hanya doa khusus dari orang-orang terdekat, tapi juga doa diri sendiri. Khususnya untuk menjadi yang lebih baik dari sebelumnya dan hal lain yang hanya jamaah sendiri yang tahu.

8. Cerdas Memilih Jasa Travel Umroh Terbaik

Tips terakhir dalam perencanaan umroh adalah memilih jasa travel umroh yang terpercaya dan terbaik. Supaya lebih hemat, dapat memilih umroh setelah Idul Fitri dengan harga terjangkau. Terlebih lagi pada bulan Syawal, keistimewaannya luar biasa.

Memilih travel agen yang profesional dan berpengalaman akan memantapkan perjalanan ibadah ke tanah suci. Fasilitas yang memadai dengan manasik rutin akan membuat jamaah lebih optimal menjalankan ibadah.

Umroh Syawal dengan Jasa Agen Travel Terbaik

Agar tidak salah pilih agen travel tour umroh pastikan memilih yang terbaik. Rekomendasi paling baik bisa langsung ke https://alhijaz-indowisata.com/.

Perusahaan Alhijaz Indowisata merupakan agen tour dan travel umroh dan Haji ONH plus yang terpercaya. Alhijaz memberikan pelayanan terbaik dengan fasilitas unggulan yang tidak didapatkan dari agen lain.

Memiliki banyak klien, perusahaan telah memberangkatkan banyak jamaah. Bahkan dalam sebulannya ada pemberangkatan 10 hingga 20 kloter umroh ke Mekkah.

Terdapat pilihan umroh untuk pribadi, privat, untuk 5 orang atau kumpulan majelis taklim dan masih banyak lagi.

Keunggulan dari Al Hijaz Indowisata antara lain:

  • Merupakan travel resmi Kemenag dan memiliki legalitas jelas.
  • Telah memiliki gedung sendiri 4 lantai dan ada satu gedung khusus untuk manasik yang dapat menampung kurang lebih 500 orang.
  • Memiliki akreditasi A yang artinya memang benar-benar menjadi travel umroh Syawal profesional dan terpercaya.
  • Adanya kepastian keberangkatan agar jamaah tidak khawatir terlalu lama menunggu.
  • Memiliki tim profesional dengan pembimbing berpengalaman agar jamaah benar-benar dapat melaksanakan rukun umroh dengan baik.
  • Hotel dekat masjid agar jamaah lebih khusyuk menjalankan ibadah.
  • Direct flight dan pembayaran dalam rupiah.
  • Pelayanan selama 24 jam untuk memudahkan informasi yang dibutuhkan para jamaah.

Selain kelebihan tersebut banyak pilihan paket umroh yang dapat disesuaikan keinginan jamaah.

Penutup

Bulan Syawal memiliki banyak keistimewaan sehingga banyak pula yang ingin menjalankan umroh pada bulan tersebut. Ibadah umroh Syawal semakin khusyuk melalui agen travel dan tour terpercaya. Dengan demikian ibadah umroh berjalan lancar dan penuh berkah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now Button