Cara Memilih Jasa Travel Haji Dan Umrah Yang Aman Dan Terpercaya

Haji dan Umrah adalah dua ibadah yang sama-sama mewajibkan pelakunya untuk datang ke Mekkah. Meskipun Haji dan Umrah memiliki banyak kemiripan, namun dua ibadah tersebut memiliki beberapa perbedaan.

Pengertian Haji dan Umrah

Haji merupakan suatu ibadah wajib dan merupakan Rukun Islam ke-5 yang wajib dilaksanakan oleh seorang muslim dewasa yang sudah memenuhi syarat-syaratnya. Diantara syarat tersebut adalah mampu secara fisik dan ekonomi serta mampu secara ilmu. Waktu pelaksanaan Haji hanya dapat dilakukan pada bulan Syawal, Zulqaidah, dan Zulhijjah.

Sedangkan Umrah merupakan ibadah sunah yang memiliki begitu banyak keistimewaan dan waktu pelaksanaannya bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun.
Awas Travel Haji dan Umrah Bodong!

Tentunya sebagai umat Islam yang beriman dan bertakwa melakukan Haji dan Umrah merupakan impian yang sangat ingin kita tunaikan. Untuk melakukan ibadah tersebut kita memerlukan suatu perusahaan yang dapat menghandle semua keperluan dan kebutuhan kita, sehingga ibadah Haji dan Umrah pun terasa lebih mudah, aman, dan nyaman.

Perusahaan tersebut biasa kita sebut sebagai Travel Haji dan Umrah. Namun sayangnya belakangan ini banyak beredar Travel bodong yang menipu dan merugikan ratusan bahkan ribuan calon peserta yang akan melakukan Ibadah Haji dan Umrah.
Tips Memilih Jasa Travel Haji Dan Umrah Aman Terpercaya

Sebagai seorang Muslim yang cerdas, tentunya kita harus mengetahui ciri-ciri Travel Haji dan Umrah yang berkualitas dan terpercaya untuk menghindari terjadinya penipuan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih jasa Travel Haji dan Umrah yang berkualitas, aman, dan terpercaya:

  1. Pilihlah Travel yang sudah resmi terdaftar di Kementerian Agama

Agar travel memiliki kredibilitas tentunya pihak mereka harus mendaftarkannya ke pihak Kementerian Agama, oleh karena itu kamu harus memastikan Travel yang dipilih sudah terdaftar. Travel yang terpercaya harus memiliki surat-surat izin sebagai berikut:

Tanda daftar perusahaan
Surat izin tetap usaha pariwisata
NPWP Perusahaan
Surat keterangan domisili perusahaan
SK Menteri Kehakimah: Akta Pendirian Perusahaan
SK Departemen Agama Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Haji Khusus)
SK Departemen Agama Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umrah)
Sertifikat Anggota Amphuri
Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syarian Nasional MUI
  1. Perhatikan rekam jejak Travelnya

Travel yang baik biasanya ditandai dengan rekam jejak yang bagus. Semakin lama travel tersebut didirikan, biasanya semakin menandakan bahwa travel tersebut bagus dan berkualitas karena memiliki banyak pengalaman semasa travel tersebut dijalankan.

Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan sudah berapa kali Travel tersebut menyelenggarakan ibadah Haji dan Umrah. Semakin sering dan rutin, maka berarti kualitasnya sudah terbukti.

  1. Periksa alamat kantor Travel

Sebelum memilih jasa Travel coba pastikan pula keberadaan kantor Travel tersebut. Misalkan kamu memilih travel haji plus Jakarta maka kamu harus memastikan bahwa kantor travel tersebut benar-benar ada dan nyata berada di Jakarta. Kalau ternyata kantornya hanya fiksi, maka kamu harus berhati-hati!

  1. Jangan terlalu tergiur dengan jasa Travel murah

Biasanya masyarakat mudah terkelabui dengan harga jasa travel yang jauh lebih murah dibandingkan jasa travel lain. Kamu tentunya harus lebih waspada jika menemukan travel semacam ini, sebaiknya cek secara lebih lanjut untuk memastikan aman atau tidaknya.

  1. Pastikan fasilitas apa saja yang kamu dapatkan

Jasa Travel yang baik akan transparan mengenai fasilitas yang diberikan kepada pelanggannya. Coba pastikan fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan dan fasilitas apa yang harus kamu bayar sendiri yang tidak termasuk ke dalam tour agar kamu tidak kecewa.

  1. Metode pembayaran

Pastikan pembayaran yang dilakukan menggunakan jasa perbankan untuk segala transaksinya. Jangan lupa pula untuk memastikan kalau pembayaran dilakukan ke rekening atas nama perusahaan, bukan nama pribadi. Kamu wajib berhati-hati jika menemukan travel yang menggunakan rekening atas nama pribadi sebagai tempat pembayarannya.

  1. Pastikan ada atau tidaknya pembimbing

Pembimbing akan sangat berguna sebagai orang yang mengarahkan ketika memenuhi rukun Haji dan Umrah, memandu kita ke tempat wisata, serta menjadi penerjemah saat berkomunikasi dengan penduduk setempat.

  1. Hindari Travel Haji dan Umrah yang menggunakan sistem MLM

Sistem MLM ini akan meminta peserta membayarkan sejumlah uang terlebih dulu untuk bergabung. Setelah itu kita diharuskan untuk mengajak orang lain untuk bergabung agar menjadi downline, jika sudah terkumpul downline dengan jumlah yang ditentukan barulah kita bisa berangkat Haji atau Umrah.

Sistem seperti ini sebaiknya kamu hindari karena hanya akan mengacu pada keuntungan travel dan tidak memfokuskan pelayanan jasa yang baik. Di lain sisi, sistem seperti ini diharamkan oleh banyak kalangan ulama karena menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lain.

Rekomendasi Travel Haji Plus Jakarta Terakreditasi A

Setelah membaca tips memilih Travel Haji dan Umrah aman, berkualitas, dan terpercaya di atas maka sekarang Kiky akan membagikan rekomendasi Travel haji yang sesuai dengan kriteria di atas.

Alhijaz Indowisata adalah rekomendasi Travel Haji dan Umrah terbaik di Indonesia yang sudah terdaftar di Kementerian Agama dan memiliki akreditas A. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kualitas dan kredibilitas dari Travel yang satu ini.
Biaya pendaftaran Haji Alhijaz Indowisata

Biaya haji plus Jakarta yaitu sebesar 4.500 USD atau jika dirupiahkan Rp 65.250.00. Untuk pendaftaran Haji bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu datang langsung ke kantor Alhijaz atau bisa juga dilakukan secara online.
Keunggulan Alhijaz Indowisata sebagai Jasa Travel

Sebagai jasa Travel Haji dan Umrah, ALhijaz Indowisata memiliki begitu banyak keunggulan yang akan membantu kamu dalam melaksanakan ibadah, diantaranya adalah:

Travel Resmi Kemenag dengan akreditasi A
Gedung Milik Sendiri
Berangkat Haji dengan jadwal yang pasti
Memiliki Ruang manasik sendiri
Provider Visa sejak tahun 2011
Memiliki pembimbing yang berpengalaman dan professional
Menggunakan pesawat Direct yaitu Saudi Airlines yang langsung berangkat dari Jakarta ke Saudi Arabia tanpa harus transit!
Hotel dekat Masjid
Biaya dalam Rupiah
Konsultasi dan layanan penuh 27/7

Nah sobat, itulah pembahasan lengkap tentang bagaimana cara memilih jasa Travel Haji dan Umrah yang aman, berkualitas, dan terpercaya lengkap dengan rekomendasi Travel haji plus jakarta terbaik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk menunaikan ibadah Haji dan Umrah. Semoga dipermudah oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be prepared!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call Now Button