ONH Plus Kunci Cepat Naik Haji

A. Pengertian Haji

ONH Plus hingga saat ini menjadi solusi terbaik untuk cepat naik haji. Ibadah Haji merupakan salah satu ibadah yang didambakan oleh setiap manusia yang beragama Islam di seluruh dunia. Hal itu dikarenakan, kesempatan untuk dapat berkunjung ke tanah suci menjadi salah satu ibadah yang belum tentu dapat dilakukan oleh semua orang. Untuk dapat melaksanakan ibadah haji ini banyak pengorbanan yang harus dilakukan oleh seseorang, mulai dari pengorbanan waktu, fisik hingga pengorbanan harta. Misalkan salah satunya mengenai waktu itu sendiri bagi jama’ah yang melakukan pendaftaran haji reguler, sekarang daftar tunggunya itu cukup lama, sehingga tidak sedikit juga yang akhirnya mencari alternatif lain jika tidak ingin menunggu lama adalah menggunakan haji plus. Berikut adalah rincian biaya ONH plus 2023 untuk jama’ah yang tidak ingin menunggu waktu yang lama.

Pemerintah mendapat kuota haji sebanyak 100.051 jama’ah pada tahun 2022 ini. Namun, dari sebagian banyak jumlah jama’ah calon haji, ada diantara mereka yang berkeinginan mengikuti haji plus atau yang biasa dikenal dengan ONH Plus. Petani & Peternak di sebuah daerah Bisa Jadi Penopang Kedaulatan Pangan Haji plus atau ONH Plus yang dikenal dengan biaya mahal. Hal itu karena fasilitas yang diterima oleh setiap jama’ah sangat berbeda dengan haji reguler. Besaran biaya haji plus sekitar US$11.000 sampai US$22.000 atau sekitar Rp.155,8 juta hingga Rp.311,7 juta. Jumlah tersebut sudah termasuk tiket pulang pergi, visa haji, biaya suntik meningitis, manasik haji, transportasi selama berada di tanah suci, penggunaan tour guide, air zamzam 5 liter, asuransi perjalanan, hingga biaya makan sehari-hari disana.

B. Kelebihan Haji Plus

Jika haji reguler dilaksanakan oleh pemerintah, haji plus diselenggarakan oleh pihak swasta seperti travel agent yang biasa disebut dengan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Hal itu membutuhkan biaya ONH Plus yang cukup besar. Berikut dibawah ini kelebihan dari haji plus dibandingkan haji reguler:

1. Jadwal keberangkatan jauh lebih cepat

2. Lokasi penginapan ONH Plus pada umumnya jauh lebih dekat. Sedangkan untuk Haji Reguler biasanya lokasi penginapannya

3-5 km dari Masjidil Haram

3. Fasilitas hotel ONH Plus yang diberikan lebih banyak

4. Untuk kebutuhan akomodasi dan konsumsi jama’ah Haji ONH Plus ditanggung oleh pihak penyelenggara. Sementara konsumsi yang diberikan oleh jama’ah Haji Reguler menjadi tanggungan pribadi

5. Jama’ah Haji ONH Plus mendapatkan bimbingan haji yang lebih intensif dan ekslusif dari Haji Reguler

C. Prosedur Pendaftaran ONH Plus

Sedangkan, mengenai prosedur pendaftaran haji ONH Plus Persyaratan haji ONH Plus atau haji khusus, yakni:

1. Beragama Islam

2. Memiliki kemampuan secara finansial untuk membayar setoran BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang ditetapkan Menteri karena membutuhkan biaya yang cukup besar

3. Surat keterangan sehat dari dokter

4. KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku

5. KK (Kartu keluarga)

6. Akte kelahiran atau kutipan akta nikah

7. Surat keterangan yang diperoleh dari PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) atau biro perjalanan pilihan calon jama’ah

8. Pas foto yang berwarna dengan latar putih tampak wajah minimal 80%.

D. Tata Cara Pendaftaran Haji ONH Plus

Berikut dibawah ini merupakan tata cara pendaftaran haji ONH Plus kurang lebih sebagai berikut:

1. Calon jama’ah haji memilih travel agent yang telah mendapatkan izin dari Kemenag RI. Dan pastikan izin tersebut masih berlaku.

2. Calon jama’ah haji wajib menyetor tabungan Haji Plus minimal sebesar US$5.000 atau sekitar Rp.70 juta untuk mendapatkan nomor porsi ONH Plus. Biasanya pihak travel agent tersebut yang akan mengambil nomor porsi ONH Plus.

3. Jika calon jama’ah haji tersebut telah mendapatkan nomor porsi ONH Plus, kemudian calon jama’ah menyerahkan berkas persyaratan kepada travel agent tersebut.

4. Selanjutnya, calon jama’ah tinggal menunggu saja jadwal keberangkatan sekaligus mengikuti serangkaian manasik haji yang diselenggarakan pihak travel agent.

Bagi calon jama’ah yang telah memperoleh nomor porsi dapat melihat jadwal keberangkatan secara online di situs resmi PIHK. Caranya mudah, yaitu masukan nomor porsi pada kolom yang telah tersedia di situs tersebut untuk melihat estimasi tahun keberangkatan haji. Setelah jadwal keberangkatan sudah diketahui, kemudian calon jama’ah dalam melakukan berbagai persiapan meliputi pelunasan BPIH, persiapan jama’ah dalam pemantapan ilmu tentang manasik haji, dan kesehatan tubuh. Apabila waktu tunggu keberangkatan Haji Reguler berkisar antara enam hingga belasan tahun, calon jama’ah ONH Plus hanya perlu menunggu sekitar 1-3 tahun atau bahkan waktunya lebih cepat. Seluruh biaya yang dikeluarkan untuk haji plus, belum termasuk biaya syukuran keberangkatan dan kedatangan haji serta oleh-oleh haji untuk keluarga, saudara, sahabat dan kerabat.

Sebenarnya, pada setiap tahunnya Indonesia itu mendapatkan kuota lebih dari 100.000 orang dari pemerintah Arab Saudi untuk datang ke tanah suci melakukan serangkaian ibadah haji. Namun, dari total kuota yang diberikan tersebut ternyata masih banyak jama’ah yang harus menunggu lama jika mengikuti program haji reguler.

Bagi yang ingin menunaikan ibadah haji tanpa harus menunggu waktu yang cukup lama, kalian dapat menggunakan program ibadah haji plus, dengan biaya yang cukup mahal sehingga harus merogoh kocek cukup dalam pasalnya secara biaya yang dibutuhkan cukup jauh perbedaannya jika dibandingkan dengan biaya haji reguler. Untuk biaya ONH plus 2022 berada di kisaran Rp.155,8 juta sampai Rp 311,7 juta untuk satu orangnya. Biaya tersebut adalah dua kali bahkan tiga kali lipat dari biaya haji reguler. Berikut dibawah ini adalah daftar besaran BPIH 1443 H/2022 M jama’ah haji reguler per-embarkasi:

  1. Embarkasi Aceh Rp.35.660.857
  2. Embarkasi Medan Rp.36.393.073
  3. Embarkasi Batam Rp.39.686.009
  4. Embarkasi Padang Rp.37.411.480
  5. Embarkasi Palembang Rp.39.806.009
  6. Embarkasi Jakarta (Pondok Gede) Rp.39.886.009
  7. Embarkasi Jakarta (Bekasi) Rp.39.886.009
  8. Embarkasi Solo Rp.40.262.721
  9. Embarkasi Surabaya Rp.42.586.009
  10. Embarkasi Banjarmasin Rp.41.235.290
  11. Embarkasi Balikpapan Rp.41.362.590
  12. Embarkasi Lombok Rp.41.647.741
  13. Embarkasi Makassar Rp.42.686.506.

Demikian pembahasan yang terkait dengan rincian biaya ONH Plus 2023 untuk jama’ah haji yang enggan antri panjang. Program haji reguler menjadi solusi cepat naik haji.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Call Now Button